Obituari Andi Rudiyanto Asapa, SH, LLM : Main Bola Sambil Bawa Badik

Bagikan:

Tanggal:

 

PADA tanggal 1 Mei 2022, sehari sebelum Idul Fitri dia mengirim “kartu lebaran” daring. “Keluarga A.Rudiyanto Asapa Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H Taqabbalallahu Minna Wa Minkum,” demikian tulisan di kartu lebaran tersebut yang terpampang di sebelah kanan atas, membawahi gambar menara masjid warna keemasan dan di samping kiri ada beduk dan di kanan ada kubah masjid.

Di bawah tiga ketupat berwarna hijau yang bergantung sebelah kiri, terdapat foto Andi Rudiyanto Asapa, SH, LLM dan dr. Felisitas Tallulembang, perempuan kelahiran Tana Toraja yang sudah memberi keduanya sepasang anak, Andi Seto Gadhista Asapa dan Gaby.

Pak Rudi berdiri di sebelah kanan (dalam gambar) mengenakan jas hitam dengan dasi warna ungu, sementara dr. Sita, demikian istrinya akrab disapa, duduk berbalutkan kebaya putih. Keduanya tersenyum manis.

Saya sama sekali tidak pernah membayangkan bahwa itulah komunikasi terakhir kami – selalu – melalui media daring. Pria kelahiran Gorontalo 26 Mei 1957 itu, ternyata menghadap Ilahi Rabbi di Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi, ketika menunaikan ibadah umrah.

Almarhum menghembuskan napasnya yang terakhir di RS Annur Mekkah, Arab Saudi, Senin (30/05/2022) disaksikan istri tercinta dan putrinya Gaby, setelah Bupati Sinjai dua periode (2003-2008 dan 2008-2013) tersebut jatuh sakit, Kamis (12/05/2022) .

Main bola Bawa Badik

Antara tahun 1990-1996, interaksi saya dengan almarhum sangat kencang dan sering. Sekali seminggu – paling tidak – saya bertemu dengan almarnum di kantornya yang mungil, di Jl. Andi Mappanyukki, sebelah selatan kediaman Pak Ande Latief (alm).

Baca juga :  Mengenang L.E. Manuhua : ‘Motret’ Kiri-Kanan, Lolos dari Tangkapan Polisi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

In Memoriam Sahban Liba: Kerja di Jakarta, Dirikan Kampus di Makassar

Oleh: Asnawin Aminuddin (Pemerhati Pendidikan) Innalilahi wainna ilaihi raji’un. Telah berpulang ke Rahmatullah, ayahanda kami, Dr H Sahban Liba,...

In Memoriam : Usdar Menulis Hingga Akhir Hayat

Oleh : Andi Pasamangi Wawo (Penasihat PWI Sulsel) SAYA lagi melayani nanda "Akkir", Ketua Pemuda Pancasila ditemani anggotanya, Otong...

Refleksi Hari Radio 2022, RRI Media Perangkai NKRI

Oleh M. Dahlan Abubakar (Tokoh Pers versi Dewan Pers) TUJUH puluh tujuh tahun silam, sebulan setelah Nippon Hoso Kyokai...

Kisah Perjalanan Sukri Abbas Lurah Maccini Parang Hingga Wisata Lorong (Bagian Tiga)

Oleh : Rachim Kallo BAGIAN akhir, kisah perjalanan Sukri Abbas. S.Sos - Lurah Maccini Parang memaparkan konsep Wisata Lorong...