spot_img
spot_img
spot_img

Untuk Mahasiswa, Kemendikbud Buka Pendaftaran Kampus Mengajar Angkatan 4, Dapat Biaya Hidup

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA – Kesempatan bagi mahasiswa seluruh Indonesia untuk mengabdi di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) melalui Program Kampus Mengajar.

Saat ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) membuka pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 4.

Pendaftaran angkatan keempat ini dimulai 25 Mei 2022 hingga 5 Juni 2022.

Kemendikbud Ristek akan menerima 15 ribu mahasiswa sebagai peserta. Mereka akan disebar ke 3.000 sekolah.

Program Kampus Mengajar merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Tujuannya, memperkaya kompetensi mahasiswa dengan memberikan kesempatan bagi mereka untuk belajar di luar kelas dengan memberikan asistensi kepada guru dan tenaga kependidikan di tingkat pendidikan dasar.

Pada program ini, mahasiswa akan diterjunkan ke sekolah selama satu semester.

Mahasiswa akan mendapat pengakuan hasil belajar sebesar 20 satuan kredit semester (SKS) dari kampusnya.

Keuntungan lainnya, mahasiswa juga mendapat bantuan biaya hidup dan uang kuliah tunggal atau UKT (bagi yang tidak sedang menerima bantuan lain dari pemerintah).

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto dalam Sosialisasi Kampus Mengajar Angkatan 4 menjelaskan, program ini juga terbuka bagi mahasiswa dari perguruan tinggi vokasi.

Menurutnya, program ini dapat menjadi wadah yang baik untuk mengasah keterampilan nonteknis (soft skills), kepemimpinan, dan karakter mahasiswa vokasi.

“Selama masa penugasan, mahasiswa akan  menghadapi tantangan riil yang akan melatih jiwa kepemimpinan, kreativitas, inovasi, penyelesaian masalah, komunikasi, dan manajemen tim,” katanya, seperti dilansir dari laman Kemendikbud Ristek. (*)

Baca juga :  Penarikan Mahasiswa KKN Tematik 2023 INTI Jeneponto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

ADPERTISI Gercap Respon Tantangan Pj Bupati Jeneponto

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR. -Pengurus pusat Aliansi Dosen Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ADPERTISI) melakukan gerakan cepat (gercap) merespon tantangan...

Direktur UT Makassar Prof A Rahman Tandatangani Kontrak Penelitian Internasional Halal Tourism

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR. -Anggaran penelitian internal UT 2024 mencapai Rp 30 Milyar. Kontrak penelitian UT dengan dosen UT...

Rektor UCM Lantik Para Pejabat Baru

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR. Rektor Universitas Cokroaminoto Makassar (UCM) Dr. Lukman Daris, S.Pi., M.Si. melantik sejumlah pejabat baru di...

Pengurus Pusat ADPERTISI Silaturrahim Pj Bupati Jeneponto Junaedi Bakri

PEDOMAN RAKYAT,JENEPONTO. -Para pengurus pusat Aliansi Dosen Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ADPERTISI) melakukan silaturrahim dengan Pj Bupati Jeneponto,...