Untuk Mahasiswa, Kemendikbud Buka Pendaftaran Kampus Mengajar Angkatan 4, Dapat Biaya Hidup

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA – Kesempatan bagi mahasiswa seluruh Indonesia untuk mengabdi di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) melalui Program Kampus Mengajar.

Saat ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) membuka pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 4.

Pendaftaran angkatan keempat ini dimulai 25 Mei 2022 hingga 5 Juni 2022.

Kemendikbud Ristek akan menerima 15 ribu mahasiswa sebagai peserta. Mereka akan disebar ke 3.000 sekolah.

Program Kampus Mengajar merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Tujuannya, memperkaya kompetensi mahasiswa dengan memberikan kesempatan bagi mereka untuk belajar di luar kelas dengan memberikan asistensi kepada guru dan tenaga kependidikan di tingkat pendidikan dasar.

Pada program ini, mahasiswa akan diterjunkan ke sekolah selama satu semester.

Mahasiswa akan mendapat pengakuan hasil belajar sebesar 20 satuan kredit semester (SKS) dari kampusnya.

Keuntungan lainnya, mahasiswa juga mendapat bantuan biaya hidup dan uang kuliah tunggal atau UKT (bagi yang tidak sedang menerima bantuan lain dari pemerintah).

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto dalam Sosialisasi Kampus Mengajar Angkatan 4 menjelaskan, program ini juga terbuka bagi mahasiswa dari perguruan tinggi vokasi.

Menurutnya, program ini dapat menjadi wadah yang baik untuk mengasah keterampilan nonteknis (soft skills), kepemimpinan, dan karakter mahasiswa vokasi.

“Selama masa penugasan, mahasiswa akanĀ  menghadapi tantangan riil yang akan melatih jiwa kepemimpinan, kreativitas, inovasi, penyelesaian masalah, komunikasi, dan manajemen tim,” katanya, seperti dilansir dari laman Kemendikbud Ristek. (*)

Baca juga :  Dibuka Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Dapat Biaya Hidup Satu Semester

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Guru Besar UNM Ini Puji Kepedulian Pemkab Sinjai Terhadap Sekolah PAUD

PEDOMANRAKYAT, SINJAI - Salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai menuju Indonesia Emas 2045 di bidang pendidikan...

Pelatihan Keterampilan Membuat Konstruksi Penjernih Air Berbahan Lokal di Desa Betao Kabupaten Sidrap

PEDOMANRAKYAT, SIDRAP - Tim dari kumpulan Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Univesitas Negeri Makassar...

Mahasiswa Prodi HES UIN Alauddin Ikuti Pelatihan Citizen Report

  Laporan: Muhammad Fauzan, Mahasiswa Komunikasi Unismuh Makassar Angkatan 2020 PEDOMANRAKYAT, GOWA. - Mahasiswa prodi S1 Hukum Ekonomi Syariah (HES)...

Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Jerman Berbasis Web Berdasarkan Media Sosial Bagi IGBJI Sulbar

PEDOMANRAKYAT, SULAWESI BARAT - Saat ini media sosial tidak hanya digunakan untuk hiburan semata, tetapi media sosial dapat...