spot_img

50 Guru dan Mahasiswa Ikut Pelatihan Komunitas GHB Pangkep

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, PANGKEP – Upaya untuk mencerdaskan anak didik terus dilakukan kapan dan dimana saja, yang tentunya harus ditunjang oleh kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh profesi seorang guru. Seperti yang dilakukan oleh guru-guru yang tergabung dalam komunitas Guru Hebat  Berbagi (GHB) di Pangkep yang membuat pelatihan tentang membuat media pembelajaran interaktif.

Pelatihan dibuka langsung oleh Kadis Pendidikan Kabupaten Pangkep, DR. Sabrun Jamil, S.Pi, MP, bertempat di SDN 28 Tumampua Pangkep yang berlangsung selama tiga hari, sehari  pemberian materi dan dua hari praktik membuat tugas Mandiri, tanggal 11 s/d 13 Juni 2022.

Kadis pendidikan Pangkep, Dr. Sabrun Jamil dalam sambutannya mengatakan, kegiatan positif seperti ini hendaknya terus dikembangkan dalam upaya meningkatkan kemampuan dan keterampilan kompetensi tenaga pendidik.

Keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran tidak terlepas dari kompetensi yang dimiliki oleh seorang guru.

Komunitas guru hebat berbagi ini memiliki tiga program unggulan yakni,
program membuat rumah baca atau rumah belajar (bola paddisengeng), program berbagi materi (Tudang Sipulung) dan program ketiga adalah membuat kegiatan lomba.

Kegiatan komunitas GHB ini dikembangkan atas dasar konsep pemikiran tokoh pendidikan nasional Ki Hajar Dewantara.

Menurut dia, kodrat yang ada pada anak bertujuan untuk dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan hakiki sebagai manusia ataupun sebagai masyarakat. Ki Hajar Dewantara mengibaratkan peran pendidik sebagai seorang petani atau tukang kebun. Sedangkan anak-anak seperti biji tumbuhan yang disemai dan ditanam oleh petani.

Dalam proses “menuntun” itulah, seorang pendidik berfungsi sebagai “pamong” agar anak tersebut tidak kehilangan arah. Seorang pamong yang baik senantiasa memberikan tuntunan agar anak menemukan kemerdekaan dalam belajar.

Baca juga :  Tindaklanjuti Instruksi Presiden, Kapolri Tegaskan Usut Tuntas Peristiwa Kanjuruhan!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Sukses, Pesawat TNI AU Kirim Bantuan Logistik Untuk Warga Palestina, Termasuk Bantuan Enrekang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Bantuan logistik bagi warga Palestina terus mengalir, dan kali ini dengan metode yang cukup spektakuler,...

Ribuan Siswa SMP di Sinjai Akan Ikuti Ujian Sekolah Gunakan Chromebook

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Ribuan pelajar kelas IX tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Sinjai pada pekan depan...

PJ Bupati Enrekang Pantau Pemberian Vaksinasi Meningitis Kepada 196 CJH

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Sebanyak 196 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Enrekang menerima vaksinasi Meningitis kamis (18/04/2024). Pemberian vaksinasi...

Prof Bahaking Rama : Prodi S3 Pendidikan Agama Islam Unismuh Makassar Cetak 15 Doktor

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR. Sejak mulai beroperasi 2017 Prodi S3 Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Unismuh Makassar telah mencetak 15...