spot_img

Gelar Sekolah Media, PC IMM Takalar Perkuat Digitalisasi Gerakan

Bagikan:

Tanggal:

Laporan: Nur Insan
Pengurus PC IMM Takalar

PEDOMANRAKYAT, TAKALAR — Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Takalar, Sabtu-Ahad, 2-3 Juli 2022, kemarin, menggelar kegiatan Sekolah Media dengan mengusung tema, Digitalisasi Gerakan IMM, di Pusat Dakwah Muhammadiyah (Pusdam), Takalar.

Sekolah media ini mendatangkan narasumber dosen komunikasi FISIP Unismuh Makassar, Dr. Muhammad Yahya, MSi.

Pada pemaparan materinya, Dr. Muhammad Yahya, MSi, menjelaskan, citizen report merupakan kegiatan partisipasi aktif yang dilakukan masyarakat dalam kegiatan pengumpulan, pelaporan, analisis serta penyampaian informasi dan berita.

“Tujuan citizen report adalah menyebarkan syiar lembaga, sosialisasi lembaga, merekam kegiatan, dan aktifitas lembaga,
serta meninggalkan jejak-jejak rekam digital,” terangnya.

Lebih lanjut diungkapkan, bagi penulis citizen report, harus memiliki wawasan pengetahuan dan pengalaman, pilihan diksi kata yang tepat, kekuatan rasa bahasa, serta ekonomi kata.

Kemudian, kaidah penulisan citizen report memperhatikan unsur menulis berita yang sering diakronimkan ADIKSIMBA
A: Apa, DI: Dimana, K: Kapan, SI: Siapa, M: Mengapa dan BA: Bagaimana.

Para peserta kegiatan ini sangat antusias menyimak dan mendengarkan materi yang disampaikan Dr. Muhammad Yahya, yang telah puluhan tahun menjadi wartawan di Harian Pedoman Rakyat pada masanya ini.

Doktor Sosiologi Politik PPs-UNM ini berharap, para peserta sekolah media memiliki minat dalam bidang kepenulisan agar informasi bisa tersalurkan dengan baik.

“Semua orang berpotensi dapat menyampaikan informasi atau peristiwa yang sedang terjadi dengan menjadi citizen report,” jelasnya.

Ketua Bidang Media dan Komunikasi PCM IMM Takalar, Rajuddin, yang juga selaku penanggung jawab dari kegiatan ini menegaskan, tujuan sekolah media adalah agar para kader IMM Takalar memiliki kesempatan untuk dapat meningkatkan softskill yang dimiliki serta mampu bersaing di era digital saat ini.

Baca juga :  Wakil Rektor III Prof Dr Paken Pandiangan : UT Makassar Terbanyak SALUT di Tingkat Nasional

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kejari Enrekang Pimpin Upacara HKN dan Halal Bihalal, Manfaatkan Potensi SDA Untuk Kemajuan Kabupaten

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Hari kedua pasca libur dan cuti bersama Idul Fitri 1445 Hijriyah 2024, Pemerintah Kabupaten Enrekang...

Bupati Irwan serahkan 138 SK PPPK Tenaga Pendidik

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Sebanyak 138 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kabupaten Pinrang menerima SK Pengangkatan sebagai...

Gelar Konferensi Pers, Prof Basri Modding Klarifikasi Tuduhan Penyelewengan Dana

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR --Penasehat hukum mantan Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Prof, Dr. Basri Modding, SE, MSi dari...

Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional, Pj. Bupati Sinjai Tekankan Ini

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Penjabat Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah kembali menekankan peningkatan kompetensi bagi setiap Aparatur Sipil Negara...