Mimpi

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Dalam satu kesempatan, ada tiga pengembara yang sedang melakukan perjalanan panjang dan melelahkan. Awalnya, mereka tidak saling mengenal satu dengan lainnya. Dalam satu pemberhentian yang agak lama, mereka saling mengenal satu dengan lainnya.

Dalam pemberhentian yang mereka lakukan, mereka kekurangan makanan dan hanya memiliki seiris roti dan seteguk air yang tidak cukup untuk dibagi bertiga. Perdebatan terjadi di antara mereka bertiga, tentang upaya untuk membagi roti dan seteguk air, jelasnya karena bekal yang dibawa tidak mencukupi, perdebatan menemui jalan buntu.

Hari makin senja, masalah belum terpecahkan. Salah seorang di antara mereka kemudian berkata, “Sebaiknya, kita tidur dan berharap salah seorang di antara kita, bermimpi dengan mimpi indah dan dapat menyelesaikan masalah ini.”

Di pagi hari, saat matahari belum terbit dan mereka sudah terbangun dari tidur dengan perut kempis. Salah seorang di antara mereka berkata, “Semalam aku bermimpi, aku terbawa ke tempat-tempat yang sulit aku gambarkan, begitu menakjubkan dan tenteram. Aku bertemu dengan seorang bijak dan berkata, “Anda berhak mendapatkan makanan tersebut, karena kehidupan masa lalu dan masa depanmu begitu berharga dan menjadi sumber kebanggaan.”

Orang kedua berkata, “Luar biasa, dalam mimpiku sesungguhnya aku melihat masa lalu dan masa depanku. Di masa depan aku melihat seorang manusia yang berilmu, orang tersebut berkata, ‘Anda lebih berhak atas roti dan air tersebut dibanding kedua orang kawanmu, dikarenakan anda lebih pandai dan sabar. Anda harus dirawat dengan baik, karenaanda ditakdirkan untuk memimpin manusia’”.

Baca juga :  Akan Jadi Lokasi Napak Tilas, Situs Perjanjian Topekkong Dibenahi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Cepat dan Tanggap, Pelayanan UGD Puskesmas Banyuanyar Mendapat Apresiasi Keluarga Pasien

PEDOMANRAKYAT, SAMPANG - Pelayanan Unit Gawat Darurat (UGD) Puskesmas Banyuanyar, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Provinsi Jawa Timur, setiap...

Ruslan : Ketua KPPS TPS 40 Kelurahan Katimbang Diduga Tukar Suara Caleg

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Dalam setiap penyelenggaraan pemilu, mau tidak mau suka tidak suka persoalan atau perkara pemilu akan...

Pj. Ketua TP. PKK Sinjai Apresiasi Demo Pembuatan Roti

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Dalam memeriahkan Hari Jadi Sinjai (HJS) Ke 460 Tahun, Dins Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja...

Gelar Patroli Pagi, Kapolsek Bontoala Turun Langsung Urai Kemacetan dan Beri Edukasi Juru Parkir

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Upaya menciptakan rasa aman dan nyaman bagi para pengguna jalan, Kapolsek Bontoala Kompol Muhammad Idris,...