spot_img

Allah Di Dalam Hati Orang Beriman

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Kaum Mu’min yang hendak menunaikan ibadah haji, telah diperintahkan untuk meninggalkan rumah mereka, menuju Rumah Allah SWT. Siapapun adanya diri mereka yang menunaikan ibadah haji, hendaknya menyadari bahwa mereka hanya manusia biasa, putera Adam, dan khalifah Allah SWT di muka bumi.

Kepada manusia, Allah SWT telah mengajarkan nama sesuatu. Allah SWT menciptakan manusia dari ruh-Nya dan memberikan kualitas-kualitas yang istimewa kepada manusia. Bumi beserta sesuatu yang terkandung di dalamnya adalah untuk manusia. Pertanyaannya, sudahkah manusia hidup sesuai kehendak Allah SWT?

Rasulullah SAW mengingatkan, Allah SWT berada di dalam hati orang-orang beriman. Dengan demikian, Allah SWT mengetahui mereka yang tulus dan mereka yang hanya berpura-pura (QS 9: 3), sehingga Allah SWT mengetahui mereka yang menolong agama-Nya dan Rasul-Nya, sekalipun dengan cara yang tak terlihat (QS 57: 25).

Sesungguhnya segala sesuatu yang berada di dalam bumi, Kami jadikan sebagai perhiasan untuk menguji mereka; siapakah di antara manusia yang melakukan perbuatan baik (QS 18: 7).

Karena pengaruh berbagai kekuatan dalam sistem sosial yang tidak mempedulikan hak-hak serta kewajiban manusia, maka biasanya watak seseorang dapat berubah. Perubahan hidup sedemikian cepatnya mempengaruhi seseorang, sehingga di antara mereka ada yang disingkirkan.

Awalnya, dengan ruh Allah SWT dalam diri seseorang, mereka diharapkan menjadi khalifah-Nya di muka bumi. Kepada manusia telah diberi kesempatan untuk menyempurnakan tugas kekhalifahan, namun banyak di antara manusia yang gagal mengemban amanah tersebut, karena mereka berbuat di luar yang diperintahkan kepada mereka.

Baca juga :  Panglima TNI Gelar Reuni 35 Tahun Andalan 88

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Sembilan Jaya Serahkan Batuan Ke Posko Bencana Longsor Palangka

PEDOMANRAKYAT, MAKALE, Toko Sembilan Jaya Makale, Kamis (18/4) serahkan bantuan pangan di posko bencana Palangka, Makale. Bantuan Sembilan Jaya...

Dua Korban Longsor di Palangka Ditemukan

PEDOMANRAKYAT, MAKALE, Dua korban longsor di Palangka ibu dan anak Sofia (23) dan Gea (3) hari kedua pencarian,...

Langkah PKB Tepat Usung Appi, Calon Kuat di Pilwakot Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Menuju tahapan Pilwalkot Makassar yang akan di helat November 2024 mendatang, sejauh ini baru PKB...

Indonesia Hajar tuan rumah Vietnam 3 – 0 dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026

PEDOMANRAKYAT, HANOI - Laga Tim Garuda Indonesia versus Vietnam dihelat di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/03/2024) malam...