spot_img

Dr. H. M. Sattar Taba, SE, MIP, Tunaikan Cita-Cita Ketiga dengan Doktor Cumlaude

Bagikan:

Tanggal:

Oleh M. Dahlan Abubakar

JIKA menilik tugas dan jabatannya, hampir tidak ada yang menduga, H. M. Sattar Taba mampu meraih gelar akademik tertinggi, doktor. Pasalnya, dia memperoleh amanat dari perusahaan ke perusahaan dengan posisi puncak. Selepas menjabat Dirut Kawasan Berikat Nusantara (KBN, Persero), mantan Menteri Pertanian Dr. Ir. Amran Sulaiman menggaetnya sebagai Dirut PT Tiran, perusahaan milik kakak dari Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman.

Namun, pria kelahiran Makassar 12 September 1955 hanya dua bulan di perusahaan terakhir ini. Ayah empat ini kadung melangkah. Gelar Magister Ilmu Pemerintahan (MIP) yang diraihnya di STIPAN Abdi Negara Lenteng Agung Jakarta Selatan sudah dikantonginya pada tahun 2020, di tengah kesibukannya memimpin perusahaan badan usaha milik negara (BUMN).

Jalan menuju pintu untuk memasuki pendidikan doktor pun terbuka. Jalan yang ditapak ketika mengikuti pendidikan magister masih “panas”. Kakek 10 cucu ini pun melangkah lagi menuju pendidikan doktor sekaligus menunaikan cita-cita ketiganya, mengantongi doktor.

Untuk memuluskan perjalanan menuju cita-citanya itu, Sattar memutuskan berhenti sebagai Dirut PT Tiran yang belum cukup setahun dipangkunya (Juni 2021-10 Februari 2022).

“Saya memutuskan berhenti di PT Tiran kalau tidak, akan berat saya menyelesaikan pendidikan doktor,” kata Sattar Taba kepada penulis, Sabtu (30/07/2022) dalam percakapan melalui telepon.

Suami Hj. S. Zulaicha Adam ini, memang benar-benar menggenjot pendidikan doktornya. Sebab, hanya dua bulan setelah berhenti sebagai Dirut PT Tiran, pada tanggal 17 Mei 2022, Sattar Taba sudah berdiri di depan para penguji disertasinya. Dia hanya membutuhkan waktu 3 tahun untuk menyelesaikan program S-2 dan S-3.

Baca juga :  Earth Festival 2023 Sulsel Dibuka, Kapoksahli Hadir Wakili Pangdam XIV/Hsn

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

9 Warga Sinjai Terkena Campak, Ini Penyebabanya

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai mencatat ada 9 kasus positif campak hingga pekan ketiga bulan...

Jelang Idul Adha, Masjid Nailul Ma’ram Sinjai Buka Donasi Hewan Kurban

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Menjelang hari raya Idul Adha 2024 M / 1445 H, Masjid Jami Nailul Ma'ram Kabupaten...

Aksi DPO ini Berakhir Ditangan Tim Intelijen dan Jaksa Eksekutor Kejari Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Tim Intelijen dan Jaksa Eksekutor Kejaksaan Negeri Makassar, melakukan penangkapan terhadap Daftar Pencarian Orang (DPO)...

Ketua Bawaslu Enrekang Melantik 36 Anggot Panwascam Untuk Pemilu 2024

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG -- Secara resmi, Ketua Bawaslu Enrekang, Hamdan Hidadayat, melantik dan mengambil sumpah janji, serta memberikan pembekalan...