spot_img

Pulihkan Ekonomi, Ini Langkah Strategis Pemkab Sinjai Bangkitkan UMKM Lokal

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI – Pemerintah terus mendorong upaya kolaborasi berbagai pihak untuk menggerakkan sektor ekonomi khususnya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang saat ini terdampak pandemi Covid-19.

Kunci untuk bangkit dari kesulitan yang dihadapi bersama ini adalah sinergitas dan gotong royong antara pemerintah, swasta dan pelaku UMKM dalam rangka pemulihan ekonomi daerah.

Pelaksana Tugas Kadis Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sinjai A. Ilham Abubakar, Selasa (02/08/2022) mengatakan, hantaman pandemi Covid-19 menyebabkan banyak pekerja di sektor formal terdampak dan beralih ke sektor UMKM agar mampu menyambung kehidupan.

Fenomena tersebut, harus dimanfaatkan dengan berbagai upaya untuk memberi penguatan kepada pelaku-pelaku UMKM agar usahanya bisa berkelanjutan dan berkembang.

Menurut Ilham, pemerintah daerah memiliki semangat yang sama dengan para pelaku UMKM. Karena itu, pemerintah menyediakan berbagai fasilitas, skema, dan strategis untuk memulihkan sektor ekonomi.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab ini menjelaskan, dalam penanganan berbagai dampak pandemi Covid-19 ini, pemerintah menerapkan kebijakan yang tidak hanya terfokus pada fasilitasi penerbitan izin akan tetapi pembinaan dan pendampingan juga menjadi atensi bagi Pemkab Sinjai.

Andi Ilham menjelaskan, baru-bafu ini pihaknya berkolaborasi dengan Asosiasi Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (IUMKM) Sinjai menggelar pameran expo dengan melibatkan para pelaku UMKM.

“Alhamdulillah acara yang berlangsung selama sehari ini sangat diminati para pelaku UMKM. Selain mereka bisa memasarkan produknya, mereka juga difasilitasi untuk mendapatkan izin usaha serta berbagai informasi terkait trik dalam meningkatkan produksi,” katanya.

Baca juga :  Sukses, Kegiatan Seminar Kebudayaan di UIN Alauddin Makassar Berlangsung Seru (Bagian 1)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pj. Bupati Sinjai Resmi Tutup Perhelatan MTQ Tingkat Kabupaten

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Penjabat Bupati Sinjai, T.R. Fahsul Falah resmi menutup perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke- XLIII...

Diikuti 11 Kecamatan, Pj Bupati Jeneponto Buka MTQ ke- 45 Tingkat Kabupaten

PEDOMAN RAKYAT, JENEPONTO. - Pj. Bupati Jeneponto Junaedi.B membuka MTQ ke 45 tahun 2024 bertempat di Dusun Pallantikan...

Menuju Indonesia Maju, Polres Toraja Utara Gelar Latpra Ops Keselamatan Pallawa 2024

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA.- Polres Toraja Utara Polda Sulsel menggelar Latihan Pra Operasi (Latpra Ops) Keselamatan Pallawa 2024 di...

Perjalanan Tri-Lintas (5) : Mengenal Gerakan Taliban

Oleh : Musdah Mulia Gerakan Taliban adalah gerakan nasionalis Islam Sunni pendukung etnis Pashtun yang secara efektif menguasai hampir...