Jika Proyek Irigasi Lamole Terwujud, Petani Bisa Panen Tiga Kali Setahun

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI – Pembangunan Irigasi Lamole di Desa Lamatti Riattang, Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai yang direncanakan Pemkab Sinjai dibawah kepemimpinan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) akan terwujud tahun ini.

Proyek ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas sektor pertanian di Sulawesi Selatan yang merupakan salah satu lumbung pangan nasional khususnya di Kabupaten Sinjai.

“Jika irigasi ini nantinya difungsikan, petani yang biasa mengandalkan suplai air dari tadah hujan dapat terpenuhi melalui air irigasi yang berkelanjutan. Sehingga intensitas tanam dari 100 persen menuju 245 persen, dengan skala panen dari sekali setahun menjadi 2-3 kali dalam setahun,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (DTPHP) Sinjai, Kamaruddin, Rabu (03/08/2022).

Pembangunan irigasi yang menelan anggaran cukup besar ini akan mengaliri 200 hektare sawah. Jika diestimasikan dengan produksi padi merujuk tahun 2021 sebanyak 4,6 ton per hektare. Maka dengan tiga kali panen dalam setahun akan menghasilkan produksi 2.760 ton.

Secara otomatis, kata Kamaruddin, pendapatan para petani akan meningkat yang secara tidak langsung berdampak baik bagi perekonomian daerah.

Kepala Desa Lamatti Riattang, Nasrullah mengatakan, selama ini petani di desa yang dipimpinnya dan desa sekitarnya hanya dapat menanam padi satu atau dua kali setahun, yakni saat tersedia cukup air. Setelah itu petani biasanya menanam komoditas hortikultura lainnya.

“Sudah bertahun-tahun petani disini hanya mengandalkan tadah hujan. Olehnya itu apa yang digagas oleh bapak Bupati Sinjai bisa segera terwujud sehingga petani bisa menanam padi tiga kali dalam setahun,” harapnya.

Baca juga :  Jamaah Haji Kloter 4 Debarkasi Makassar Tiba, Hasnah Ali : Pokoknya Haji Regular Rasa Plus

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Brimob Bone Peringati Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

PEDOMANRAKYAT, WATAMPONE- Personel Brimob Bone menggelar upacara Hari Kesaktian Pancasila secara virtual  di Aula Mako Batalyon C Pelopor Jalan...

Pangdam Pimpin Kenaikan Pangkat 154 Prajurit dan PNS Jajaran Kodam Hasanuddin

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, SIP, S.Sos, M.Tr(Han), memimpin acara laporan korps...

Wali Kota Makassar Ajak Warganya Mengenal Alutsista TNI

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mendampingi Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok...

Wakil Wali Kota Makassar Berbagi Cerita dengan Anak Korban Kebakaran Rappokalling

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR - Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, memberikan semangat bagi anak-anak korban kebakaran Rappokalling yang...