spot_img

Pangdam Hadiri Gerakan Budaya SIPAKATAU

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT.MAKASSAR—Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, S.H., M.H. hadiri Gerakan Budaya SIPAKATAU Gotong Royong Gerakan Kebudayaan dari Sulawesi Selatan berema “Bagimu Negeri Jiwa Raga Kami”, di Balla Lompoa Jl. Kumala Kota Makassar, baru-baru ini.

Kegiatan ini, kata pangdam, gerakan gotong royong, nuansa bagaimana cara memupuk persaudaraan antara seluruh anak bangsa khususnya masyarakat yang punya budaya-budaya.

“Kita ini kaya dengan budaya-budaya makanya juga dihadirkan para yang mulia, ada Raja Gowa dan beberapa Raja dihadirkan dan Kepala Pemangku adat bahkan ada juga asosiasi kerajaan contohnya Majelis Adat Kerukunan Nusantara (MAKN),” sambungnya.

“Nuansanya ini, nuansa bagaimana anak bangsa ini berkumpul membuat kegiatan, bagaimana budaya kita dapat dilestarikan, dijaga supaya tidak punah, anak cucu kita harus tahu, makanya saya canangkan mulai malam ini dan seterusnya, karena rumah ini sangat bersejarah.

Rumah ini rumah perjuangan jaman dulu, dimana kakek saya, Sultan Ibrahim Andi Mappanyuki mulai sebelum dari

Raja sudah memimpin para anak Raja untuk membuat strategi melawan Belanda yang ingin menguasai Gowa pada saat itu,” Jelasnya.

“Mulai dari Kakek saya, Bapak dari Andi Mappanyuki, I Makkulau Daeng Serang Karaeng Lembang Parang Raja Gowa yang ke-34 saat itu dengan gigihnya melawan penjajah Belanda sampai meninggal di medan pertempuran tahun 1905, ” ujarnya.

“Mari kita membangun budaya kita tentunya dengan etika sopan santun saling menghargai, Sipakatau, Sipakainge, Sipakalebbi,” Tambahnya.

Cucu Langsung dari Andi Mappanyukki Raja Bone ke-32 Andi Mappanyukki ini berharap ke depan bagaimana agar generasi pelanjut mengerti budaya di Sulsel.

Baca juga :  Ketua FK-LPM Serahkan Hibah Ruangan Reskrim Polsek Manggala

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Rekapitulasi Pemilu di Kota Makassar, Sri Wahyuningsih Mengaku Banyak Insiden Telah Terjadi

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar melakukan rekapitulasi hasil pemilu 2024 tingkat Kota, di Hotel...

Kendaraan Terblokir dI Sulsel Naik Drastis Sejalan Meningkatnya Pelanggaran Lalu Lintas Terekam Kamera ETLE

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Program penegakan hukum lalu lintas secara elektronik dengan menerapkan kamera ETLE yang menjadi program unggulan...

Sambut Ramadhan Feast PHI Hadirkan Paket Promo Menarik

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Phinisi Hospitality Indonesia (PHI)  Claro Makassar, Dalton Makassar, Almadera, The Rinra dan Mall Phinisi Point...

Adi Akbar Angkat Bicara Terkait Tudingan Kerjasama Dengan Anggota KPPS di TPS 045  Kelurahan Parang Tambung

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Ditengah maraknya beredar pemberitaan yang menuding Caleg DPRD Kota Makassar dari Partai PKS no urut...