Depresi (2)

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Allah SWT memerintahkan malaikat untuk melayani mereka yang mengingat-Nya dan menghindari mereka yang lalai akan Tuhannya. Ini bukan untuk menghukum mereka tetapi untuk menolong dan mengajak mereka kepada kebaikan.

Bayi dan anak-anak menangis ketika mereka diberi obat pahit. Orang dewasa mengetahui kebutuhan mereka akan energi kemalaikatan dari kebajikan dan keindahan, dan jika mereka mengabaikan kebutuhan seperti ini, mereka diingatkan melalui obat depresi, yang kemudian disebut pengaruh dari goncangan kepada sistem dari mereka yang melupakan Allah SWT, Maha Pencipta kebajikan dan keindahan.

Karakteristik sebuah sifat kemalaikatan adalah bisa menjadi makanan dan tinggal di dalam zikir kepada Allah SWT. Sebaliknya sifat yang kasar tidak bisa menjadi makanan bagi orang selain dari hewan atau tidur tanpa melepaskan kesadaran mereka.

Ketika manusia lalai dalam mengingat Allah SWT dalam waktu panjang, bisa saja hati mereka lagi berkarat. Depresi mengendap dan melakoni menemukan rumah tetapnya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Segala sesuatu ada semirnya dan semir hati adalah zikir kepada Allah SWT.”

Depresi adalah penyakit hati dan jiwa yang menjadi mungkin hanya melalui ketidakpedulian. Hati yang waspada menjaga kepercayaan dan harapan dan iman dan menempati gerbangnya sebanyak malaikat pelindung. Ia tidak pernah mengizinkan kegelapan depresi dan keraguan untuk masuk.

Hati manusia adalah harta benda yang berharga. Banyak pencuri bersembunyi di bayang-bayang sekelilingnya siap merampok dan merampasnya. Para pencuri tidak akan masuk ke rumah kosong. Bagaimanapun, jika pemilik harta benda itu senantiasa mengingat Allah SWT, harta benda tersebut akan terlindungi. Para pelindungnya diberi makan dan dibayar dengan mata uang zikir dan iman.

Baca juga :  Pasar Sentral Sinjai Terbakar, Ratusan Kios dan Lods Hangus

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Brimob Bone Peringati Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

PEDOMANRAKYAT, WATAMPONE- Personel Brimob Bone menggelar upacara Hari Kesaktian Pancasila secara virtual  di Aula Mako Batalyon C Pelopor Jalan...

Pangdam Pimpin Kenaikan Pangkat 154 Prajurit dan PNS Jajaran Kodam Hasanuddin

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, SIP, S.Sos, M.Tr(Han), memimpin acara laporan korps...

Wali Kota Makassar Ajak Warganya Mengenal Alutsista TNI

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mendampingi Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok...

Wakil Wali Kota Makassar Berbagi Cerita dengan Anak Korban Kebakaran Rappokalling

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR - Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, memberikan semangat bagi anak-anak korban kebakaran Rappokalling yang...