Dulu Didominasi Guru, Kini UT Diminati Kaum Milenial Pada Prodi Non Keguruan

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Universitas Terbuka (UT) di awal-awal berdirinya 1984 silam sampai masuk era tahun 90-an mahasiswanya masih didominasi oleh para guru sekolah serta orang- orang yang sudah bekerja tetapi tidak punya waktu kuliah dengan tatap muka.

Di era itu, banyak kalangan beranggapan bahwa UT itu adalah perguruan tingginya para guru sekolah.

Seiring berjalannya waktu UT bukan lagi hanya diminati para guru sekolah tetapi sudah mulai diminati kalangan milenial dan generazi Z, untuk prodi non keguruan, seperti prodi Ilmu Hukum, Sospol, Ekonomi, MIPA, Pascasarjana.

Karena UT ini kuliahnya fleksibel, berkualitas, pembayarannya terjangkau, kuliah sesuai gayamu, maka UT menjadi solusi bagi generasi milenial dan generasi Z, yang ingin bekerja sambil kuliah.

Danu Muwaffaq sebagai contohnya. Danu adalah tamatan SMK Makassar Program Keahlian Teknologi Konstruksi, beralasan tidak mendaftar di perguruan tinggi konvensional dan memilih mendaftar di UT karena dia ingin kuliah sambil kerja.

Kepala Pusat Hubungan Internasional dan Kemitraan UT, Maya Maria, membenarkan trend anak muda generasi milenial kuliah di UT sangat positif.

Bahkan katanya, ada UPBJJ – UT di Pulau Jawa mahasiswanya sampai puluhan ribu dari kaum milenial. “Kecenderungan anak-anak muda milenial kuliah di UT semakin tinggi,” ujar Maya Maria.

Manajer Salut Bina Mahunika Bogor, Isha Milani saat melakukan kunjungan ke UPBJJ – UT Makassar, Jumat 5 Agustus 2022 menyarankan kepada pengurus SALUT bisa lebih kreatif melakukan sosialisasi dan promosi khusus kepada anak-anak muda milenial.

Baca juga :  Pelatihan Keterampilan Membuat Konstruksi Penjernih Air Berbahan Lokal di Desa Betao Kabupaten Sidrap

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

13 Anggota Polri Mendapatkan Kenaikan Pangkat, Ini Daftarnya

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA - Sejumlah perwira tinggi (pati) Polri mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi. Berdasarkan surat telegram STR/722/IX/KEP/2022,...

Ketua DPD II Partai Golkar Makassar Serahkan Bantuan Korban Kebakaran di Rappocini

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Salah satu bentuk kepedulian kembali ditunjukkan Partai Golkar terhadap masyarakat, terutama bagi yang tertimpa musibah. Seperti...

Bupati Sidrap Hadiri Langsung Pengarahan Presiden Joko Widodo

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA -- Bupati Sidenreng Rappang (Sidrap), H. Dollah Mando hadir dan mendengarkan langsung pengarahan Presiden Joko Widodo...

Operasi Sikat 2022, Polres Pelabuhan Makassar Amankan 9 Pelaku Curas, Curat dan Judi Online

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Polres Pelabuhan Makassar mengungkap hasil Operasi Sikat 2022 melalui kegiatan Press Release di Mapolres tersebut...