PD AMAN Sinjai Gelar Rapat Konsolidasi Penguatan Kapasitas Pemdes

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI – Pengurus Daerah Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Sinjai menggelar rapat Konsolidasi dan Penguatan Kapasitas Pemerintah Desa dalam mendorong pembangunan berbasis wilayah adat di Kabupaten Sinjai.

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Sosial dan SDM Ir. Sultan H. Tare bertempat di Aula Pertemuan Wisma Sanjaya Putra Sinjai, Senin (08/08/2022).

Ketua Badan Pengurus Harian AMAN Sinjai, Solihin mengatakan, kegiatan ini adalah agenda organisasi yang merupakan bagian dari upaya untuk mendorong semua unsur sampai di tingkat desa untuk hadir dalam memberikan permberdayaan, perlindungan dan pengakuan masyarakat adat.

“AMAN melihat pemerintah desa yang paling dekat dan ada di level tapak adat masyarakat sehingga diharapkan cita-cita masyarakat adat dapat tercapai yaitu berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi dan bermartabat secara budaya,” tuturnya.

Dalam sambutan tertulis Bupati Sinjai, Sultan H. Tare menyampaikan, penguatan pendekatan pembangunan desa berskala lokal penting untuk dilakukan. Mengingat sesuai dengan asas rekognisi dan subsidiaritas, desa memiliki kewenangan berdasarkan hak asal-usul dan kewenangan lokal berskala desa.

“Kita semua berharap melalui kegiatan ini dapat menjadi ruang kolaborasi bersama Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa, Masyarakat Adat beserta AMAN untuk bersinegi dalam memenuhi hak-hak masyarakat adat,” ucapnya.

Sementara itu, Perwakilan Pengurus Wilayah AMAN Provinsi Sulsel, Mappiare menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Bupati Sinjai atas komitmen dan dukungan Pemkab dalam memberikan pengakuan dan perlindungan masyarakat adat di Kabupaten Sinjai melalui perda yang ditetapkan.

Baca juga :  Usai Ziarah, Wartawan Pedomanrakyat.co.id Nikmati Coto Rampa di Maros

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Musker PAS82 di Malino, Azhary : Kita Selalu Dianggap Ilegal, Padahal Kita Punya Ijazah SMANSa

PEDOMANRAKYAT, MALINO - Sekitar 100-an alumni SMA Negeri 1 (SMANSa) Makassar Angkatan Tahun 1982 mengikuti kegiatan Musyawarah Kerja...

Dinas Damkar Bagikan Alat Pemadam Kebakaran di Lorong Wisata

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar salurkan Apar (Alat Pemadam Kebakaran) di lorong wisata yang tersebar...

Untuk Pertolongan Pertama Atasi Kebakaran, Pemkot Makassar Hadirkan Damtor di 53 Kelurahan

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Maraknya kebakaran yang terjadi dengan kondisi jalan yang sempit maupun susah diakses armada Pemadam Kebakaran...

Tutup Perkemahan di Bumi Tanabau, Ini Amanat Camat Bontomatene

PEDOMANRAKYAT, KEPULAUAN SELAYAR - Menghadiri dan menutup kegiatan perkemahan dalam rangkaian memperingati hari Pramuka ke-61 tahun 2022 yang...