spot_img

Sehat Kelola Dana dengan Fasilitas Pinjol dan Uang Digital

Bagikan:

Tanggal:

 

PEDOMAN RAKYAT – JAKARTA – Teknologi khususnya yang berkaitan dengan layanan keuangan, sama dengan dua sisi mata uang, plus minusnya. Seperti yang marak dan terus berkembang, fasilitas Pinjaman Online (Pinjol) satu sisi memenuhi kebutuhan masyarakat secara cepat, dan satunya memunculkan berbagai masalah yang membuat masyarakat terjerat pada utang berkepanjangan.

Berpulang pada kondisi yang ada PWI-IKWI didukung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengedukasi kalangan pers dan masyarakat lewat webinar yang bertajuk”Sehat Kelola Dana dengan Fasilitas Pinjol dan Uang Digital”yang digelar pada Selasa (9/8) yang dilaksanakan secara daring dan hybrit dalam rangka HUT Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) ke-61 tanggal 19 Juli 2022.

Dalam sambutannya Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal S Depari mengatakan, pemahaman mengenai Pinjol atau pinjaman online, penting karena banyak anggota masyarakat yang akhirnya menemui masalah. Buktinya, terdapat 19.711 kasus Pinjol per Oktober 2021. Data ini, katanya, dia kutip dari Bisnis.com berdasarkan dari OJK (otoritas jasa keuangan) selama kurun waktu tahun 2019-2021.

“Saya percaya pemateri memberikan wawasan yang luas untuk meningkatkan kewaspadaan bagi seluruh peserta dalam memanfaatkan inovasi teknologi di bidang keuangan, khususnya mengenai pinjaman pembiayaan online, atau sering kita sebut Pinjol,” kata Atal.

Sementara dalam kesempatan yang sama Friderica Widyasari Dewi, Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, yang tampil sebagai keynoth speech mengatakan, webinar tentang Pinjol sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan inklusi keuangan sebesar 90 persen pada tahun 2024. Mengingat, Indonesia memiliki potensi pasar fintech yang sangat besar karena memiliki jumlah penduduk yang salah satu terbesar di dunia. Di mana dari 270 juta jiwa, sebanyak 190 juta atau 71 persen di antaranya merupakan penduduk usia produktif.

Baca juga :  Pemprov Gelar Pasar Murah, Andi Sudirman Jawab Kebutuhan Masyarakat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kadis Pariwisata Resmikan Pembukaan Makassar Colour Of Ramadhan di Taman Segitiga Lamadukelleng

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Yayasan Sahabat Musisi Celebes (YSMC) menggelar pembukaan Makassar Colour Of Ramadhan (Macora) di taman segitiga...

Tuntas, PT. Mitra Hijau Asia Akuisisi 100 Persen Saham PT. BES Balikpapan

PEDOMANRAKYAT, BALIKPAPAN. - PT. Mitra Hijau Asia ( PT MHA ) akhirnya berhasil menuntaskan proses akuisisi 100 persen...

Andi Gabriella dan Riory Rifandy Hadiri Grand Opening Restoran ” Le Nusa ” Paris milik Raffi dan Nagita

PEDOMAN RAKYAT-PARIS. Paris bukan hanya kota terpopuler di Eropa tapi juga di dunia.Paris kota yang paling banyak di...

Mercure Makassar Nexa Pettarani dan DPMPTSP Sulsel Meriahkan Pembukaan UMKM Fiesta 2023

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR. Mercure Makassar Nexa Pettarani bersama Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sulawesi...