Maraknya Ilegal Mining di Bone, LSM INAKOR Sulsel Minta WALHI Turun Tangan

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, BONE – Maraknya praktik Ilegal Mining atau pertambangan liar yang berada di Kecamatan Cenrana dan Kecamatan Tellusetinge, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan membuat masyarakat resah.

Berdasarkan hasil investigasi Lembaga Swadaya Masyarakat Independen Nasional Anti Korupsi (LSM INAKOR) Sulawesi Selatan, Kamis 11 Agustus 2022, ada puluhan titik lokasi tambang yang berada di Kecamatan Cenrana dan Kecamatan Tellusetinge yang diduga tidak mengantongi Izin Usaha Pertambangan (IUP) alias Ilegal.

Aktivitas pertambangan secara ilegal tersebut membuat dampak yang sangat serius terhadap lingkungan sekitar dan sampai sekarang tidak ada tindakan serius dari pemerintah ataupun aparat setempat.

Berdasarkan hasil investigasi, LSM INAKOR Sulsel meminta Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Provinsi Sulawesi Selatan untuk turun tangan mengatasi permasalahan tambang Ilegal yang ada di Kabupaten Bone.

Pasalnya, praktik Ilegal Mining sudah membuat kerusakan lingkungan yang cukup parah dan dampak serius kepada rumah masyarakat yang berada di pesisir sungai lokasi pertambangan.

Praktik Ilegal Mining akan semakin meluas jika tidak ada tindakan dari pemerintah setempat yang akan berdampak pada lingkungan sekitar pertambangan.

Asywar S, ST, SH selaku Direktur Investigasi LSM INAKOR Sulawesi Selatan meminta pemerintah Kabupaten Bone segera menemukan akar masalah dari praktik Pertambangan Tanpa Izin yang semakin meluas atau membentuk Satgas untuk menanggulangi masalah tersebut.

Ia mengatakan, pemerintah harus melakukan tindakan percepatan penanggulangan Ilegal Mining dengan kolaborasi dan integrasi antara instansi dan lembaga terkait serta melalui pemberdayaan masyarakat.

Baca juga :  Selama Ramadan, Program Vaksinasi Covid-19 di Sinjai Tetap Dilaksanakan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

In Memoriam Sahban Liba: Kerja di Jakarta, Dirikan Kampus di Makassar

Oleh: Asnawin Aminuddin (Pemerhati Pendidikan) Innalilahi wainna ilaihi raji’un. Telah berpulang ke Rahmatullah, ayahanda kami, Dr H Sahban Liba,...

Musker PAS82 di Malino, Azhary : Kita Selalu Dianggap Ilegal, Padahal Kita Punya Ijazah SMANSa

PEDOMANRAKYAT, MALINO - Sekitar 100-an alumni SMA Negeri 1 (SMANSa) Makassar Angkatan Tahun 1982 mengikuti kegiatan Musyawarah Kerja...

Dinas Damkar Bagikan Alat Pemadam Kebakaran di Lorong Wisata

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar salurkan Apar (Alat Pemadam Kebakaran) di lorong wisata yang tersebar...

Untuk Pertolongan Pertama Atasi Kebakaran, Pemkot Makassar Hadirkan Damtor di 53 Kelurahan

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Maraknya kebakaran yang terjadi dengan kondisi jalan yang sempit maupun susah diakses armada Pemadam Kebakaran...