Kadis Pendidikan Sinjai Buka Kegiatan Uji Kompetensi Tata Rias Pengantin Gaun Panjang Berkerudung

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI – Sebanyak 16 peserta mengikuti kegiatan Uji Kompetensi Tata Rias Pengantin Gaun Panjang Berkerudung yang dilaksanakan oleh Tempat Uji Kompetensi (TUK) Arsih bertempat di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Mallebi Jalan Jenderal Sudirman Sinjai, Senin (15/08/2022).

Kegiatan yang digagas oleh Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Suryani ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Sinjai A. Jefrianto Asapa dan dihadiri oleh Ketua Lembaga Sertifikasi dan Kompetensi (LSK) Tata Rias Pengantin R.A. Kanas Kosasih Koesoemadinata dan Ketua TUK Arsih, Nurnaningsih.

Suryani selaku pimpinan LKP Suryani mengatakan, kegiatan ini merupakan program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) tahun 2022 yang dibiayai oleh Direktorat Kursus dan Pelatihan Direktorat Jenderal Pendidikan dan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

“Alhamdulillah kami dipercayakan untuk melaksanakan pelatihan tata rias pengantin yang pesertanya sebanyak 16 orang. Sebelum uji kompetensi ini mereka ikut bimbingan selama 200 jam pelajaran secara gratis,” jelasnya.

Adapun syarat yang mengikuti bimbingan ini adalah berusia 17 hingga 25 tahun dan belum pernah mengikuti pelatihan tata rias pengantin di lembaga kursus lainnya.

Ketua LSK Tata Rias Pengantin R.A. Kanas Kosasih Koesoemadinata mengatakan, peserta uji kompetensi yang lulus akan mendapatkan sertifikat kompetensi tata rias yang menjadi bekal dalam meningkatkan usaha.

“Para peserta nantinya akan mendapat sertifikasi resmi dari LSK pusat, ini berlaku seumur hidup. Kelak jika ingin menjadi orang profesional, kedepan bisa menyisihkan sebagian penghasilannya untuk ikut pelatihan tata rias pengantin di bidang lainnya,” harapnya.

Baca juga :  Sidrap Lokasi Studi Komparatif Inspektorat Bima

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Brimob Bone Peringati Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

PEDOMANRAKYAT, WATAMPONE- Personel Brimob Bone menggelar upacara Hari Kesaktian Pancasila secara virtual  di Aula Mako Batalyon C Pelopor Jalan...

Pangdam Pimpin Kenaikan Pangkat 154 Prajurit dan PNS Jajaran Kodam Hasanuddin

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, SIP, S.Sos, M.Tr(Han), memimpin acara laporan korps...

Wali Kota Makassar Ajak Warganya Mengenal Alutsista TNI

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mendampingi Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok...

Wakil Wali Kota Makassar Berbagi Cerita dengan Anak Korban Kebakaran Rappokalling

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR - Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, memberikan semangat bagi anak-anak korban kebakaran Rappokalling yang...