‘Kencan’ dengan Nakhoda KM Tilongkabila (1) : Nama Agar Terhindar dari Bahaya

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : M. Dahlan Abubakar

Pengantar :

PELAUT termasuk sosok pekerja profesional yang jarang tersentuh oleh pemberitaan media. Hal ini disebabkan lokasi pekerjaan mereka yang selalu ‘bergerak’ dan berada di luar jangkauan operasional rutin para pekerja media. Kalau pun kemudian terberitakan, boleh jadi karena ada pekerja media yang sedang menggunakan jasa transportasi, melakukan perjalanan memanfaatkan sarana angkutan tersebut.

Wartawan media ini sempat berbincang-bincang dengan Nakhoda KM Tilongkabila, kapal penumpang PT Pelni yang melayari trayek Benoa (Bali), Lembar (Lombok), Bima (Sumbawa), Labuan Bajo (Flores), Makassar (Sulsel), Baubau, Raha, Kendari (Sultra), Luwuk (Sulteng), Gorontalo, dan Bitung (Sulut) pergi pulang.

Wartawan media ini, M.Dahlan Abubakar selama sekitar 3 jam sempat berbincang-bincang dengan Nakhoda KM Tilongkabila Capt. Indar Bahadi pada trayek pelayaran KM Tilongkabila Makassar-Labuan Bajo (selanjutnya ke Bima), 8 Agustus 2022 malam.

Catatan hasil perbincangan tersebut dimuat bersambung mulai hari ini. (Redaksi).

POSTURNYA tinggi. Kulit putih. Rambut dicukur pendek dengan janggut menggantung beberapa sentimeter. Dia duduk menyandar ke dinding di salon kapal, saat menyapanya dengan ucapan “Selamat siang, Capt”.

Penulis tak segera menangkap gesturnya kalau beliau seorang muslim untuk menyapanya dengan “Assalam alaikum ww.” Membaca baju warna kuning dipadu celana jingkrang warna putih, mudah dipahami jika pria ini seorang yang super religius.

Saking asyiknya berbincang-bincang sudah dua jam – kemudian -, sampai-sampai penulis hampir lupa menanyakan nama nakhoda kelahiran Semarang ini. Dia menyebut namanya, Indar Bahadi, yang sebenarnya bermakna, bapaknya berdoa agar putranya ini selalu terhindar dari bahaya.

Baca juga :  Ratusan Murid TK Ikuti Lomba Menggambar yang Digagas IGTKI dan Pelaku Usaha di Sinjai

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

13 Anggota Polri Mendapatkan Kenaikan Pangkat, Ini Daftarnya

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA - Sejumlah perwira tinggi (pati) Polri mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi. Berdasarkan surat telegram STR/722/IX/KEP/2022,...

Ketua DPD II Partai Golkar Makassar Serahkan Bantuan Korban Kebakaran di Rappocini

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Salah satu bentuk kepedulian kembali ditunjukkan Partai Golkar terhadap masyarakat, terutama bagi yang tertimpa musibah. Seperti...

Bupati Sidrap Hadiri Langsung Pengarahan Presiden Joko Widodo

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA -- Bupati Sidenreng Rappang (Sidrap), H. Dollah Mando hadir dan mendengarkan langsung pengarahan Presiden Joko Widodo...

Operasi Sikat 2022, Polres Pelabuhan Makassar Amankan 9 Pelaku Curas, Curat dan Judi Online

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Polres Pelabuhan Makassar mengungkap hasil Operasi Sikat 2022 melalui kegiatan Press Release di Mapolres tersebut...