spot_img

‘Kencan’ dengan Nakhoda KM Tilongkabila (1) : Nama Agar Terhindar dari Bahaya

Bagikan:

Tanggal:

Indar juga mengungkapkan pengalamannya, jika ditahan oleh penduduk asli di sana, kerap memberi mereka minuman dan “diamankan” baru diturunkan di dermaga. Meskipun marah, jika sudah diberi minuman akan gembira.

Selama dua dasawarsa berada di Papua, Indar, bisa melihat bagaimana orang asing memengaruhi penduduk di wilayah tertimur Indonesia tersebut. Di tengah keterbatasan mereka mudah dipengaruhi oleh orang asing. Jika kapal perintis tidak masuk membawa bahan makanan, beras misalnya, mereka hanya makan bungkil.

Indar sendiri pernah menyaksikan dan menanyakan bagaimana misionaris itu membawa perempuan yang sudah siap dikawinkan dengan kepala suku setempat. Mereka dihasut. Misionarisnya perempuan.

Alhamdulillah, ada jamaah-jamaah tablig yang masuk ke Papua menyebarkan agama. Mereka membangun masjid. Bahkan satu kapal dengan misionaris. Mereka sama-sama menyebarkan dakwah dan agama. Sebenarnya itu tidak cantik karena tidak terkontrol oleh pemerintah, Sekarang harus berbenah.

“Dulu pada zaman Pak Harto bagus. Ada Babinsa yang dapat mengawasi arus bawah. Misalnya budaya-budaya asing masuk. Ada budaya asing yang bagus dan tidak. Yang tidak itu, tidak boleh,” sebut Indar.

Indar mengisahkan, pada saat kapal masuk sungai, terkadang terjadi perang suku. “Saya cerita begini karena menjadi pelaku sejarah di sana. Saya melayani di sana. Kalau bercerita sampai ke sekecil-kecilnya, ya bisa,” ujarnya dengan klentong “semarangan”.(Bersambung)

Baca juga :  Tim Bola Polda Sulbar Raih Piala Bergilir Kapolda Sulsel Cup

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Upaya Disdik Sinjai Realisasikan Program ‘Sinjai Bebas Paket A’

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Salah satu program unggulan Penjabat Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah di bidang pendidikan adalah Sinjai...

Sukses, Pesawat TNI AU Kirim Bantuan Logistik Untuk Warga Palestina, Termasuk Bantuan Enrekang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Bantuan logistik bagi warga Palestina terus mengalir, dan kali ini dengan metode yang cukup spektakuler,...

Ribuan Siswa SMP di Sinjai Akan Ikuti Ujian Sekolah Gunakan Chromebook

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Ribuan pelajar kelas IX tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Sinjai pada pekan depan...

PJ Bupati Enrekang Pantau Pemberian Vaksinasi Meningitis Kepada 196 CJH

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Sebanyak 196 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Enrekang menerima vaksinasi Meningitis kamis (18/04/2024). Pemberian vaksinasi...