BI dan Pemerintah Luncurkan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022

Bagikan:

Tanggal:

 

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA. – Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) meluncurkan tujuh pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 (Uang TE 2022), Kamis (18/08/2022), di Jakarta pada hari ini (18/8) di Jakarta. Ketujuh pecahan Uang TE 2022 tersebut secara resmi berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bertepatan pada  HUT ke 77 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2022.

“Menteri Keuangan dengan saya telah resmi meluncurkan uang emisi baru tahun 2022 sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo.

Uang TE 2022 terdiri atas pecahan uang Rupiah kertas Rp100 ribu, Rp50 ribu, Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5.000, Rp2000, dan Rp1000. Uang TE 2022 ini tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016.

“Sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI yang sekaligus memperkuat simbol kesatuan, persatuan, dan negara Republik Indonesia,” ujar Perry.

Terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik. Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam rilisnya menyampaikan bahwa inovasi dimaksudkan agar uang Rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan.

“Serta lebih sulit untuk dipalsukan sehingga uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Erwin.

Baca juga :  Hadiri Pembukaan Gernas BBI dan BWI 2022, Bupati Sidrap Bertemu Sandiaga Uno

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Bupati Torut Hadiri Pertemuan dengan Presiden Joko Widodo

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA - Presiden Joko Widodo memanggil semua Kepala Daerah se-Indonesia di Jakarta, termasuk Bupati Kabupaten Toraja Utara...

HUT ke-24 PSMTI Jadi Momen Tingkatkan Persatuan Bangsa Indonesia

  PEDOMANRAKYAT, JAKARTA. - Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) menggelar Perayaan Hari Ulang Tahun ke-24, di Restaurant SunCity...

Bupati Sidrap Hadiri Langsung Pengarahan Presiden Joko Widodo

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA -- Bupati Sidenreng Rappang (Sidrap), H. Dollah Mando hadir dan mendengarkan langsung pengarahan Presiden Joko Widodo...

Lewat Hajatan Bertajuk “Wisatavaganza SIG”, Lebih 200 Pelanggan Area Kalteng Dibawa Tour ke Korea Selatan

PEDOMANRAKYAT, KALIMANTAN TENGAH - Lewat hajatan bertajuk "Wisatavaganza SIG - Kalteng To The World, Edisi Korea Selatan 28...