“Kencan” dengan Nakhoda KM Tilongkabila (2) : Harus Berterima Kasih kepada Pelni

Bagikan:

Tanggal:

Oleh M. Dahlan Abubakar

SEBELUM bergabung dengan armada PT Pelni, Indar Bahadi pernah bekerja di kapal asing. Kalau di Pelni tentu saja ada cuti, sementara di kapal asing nanti dua tahun bekerja baru bisa memperoleh waktu pulang dan bertemu keluarga.

“Kalau gaji sih, besar di luar (kapal asing). Tetapi di sini (kapal Pelni) ada untungnya. Bisa bertemu keluarga. Gaji cukup, bisa bertemu keluarga,” bebernya.

Indar dulu bekerja di New Zealand Orient Line (NZOL) yang mengangkut peti kemas. Trayeknya, Selandia Baru, Australia, Singapura, Jepang, Pada trayek yang dilayari masih terbilang aman, termasuk Amerika Latin, Asia.

“Kalau kita melintas di Samudra Pasifik, seperti apa tantangan perairan yang dihadapi ?,” tanya penulis.

Indar mengisahkan, kalau di Pasifik itu ombaknya besar. Pasifik, frekuensi anginnya sering, ombaknya ‘gede’. Samudera Indonesia, frekuensi angin tidak sesering (Pasifik), tapi ombaknya ‘gede’. Lain lagi dengan Atlantik. Frekuensinya sedang, ombaknya ‘gede’.

“Jadi, pelaut itu harus selalu berdoa agar diberi keselamatan dari Allah SWT,” selanya membawa suasana perbincangan kental dengan nuansa religius.

Indar Bahadi setelah puluhan tahun bersama armada PT Pelni menilai, Indonesia seharusnya berterima kasih kepada Pelni. Pelni harus diberi apresiasi yang tinggi karena Pelni secara politisnya merupakan pertahanan keamanan bangsa menjadikan satu Indonesia.

Pertumbuhan ekonomi daerah itu tidak luput dari jasa Pelni. Daerah yang dimasuki Pelni berkembang. Yang dulu kecamatan menjadi kabupaten, seperti Nunukan di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Itu karena Pelni yang membuat pertumbuhan ekonominya cepat berkembang.

Baca juga :  Prof Syamsu A. Kamaruddin : Prodi S3 Sosiologi UNM Siap Terima 26 Mahasiswa Baru

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pesan Kebenaran Musa AS Kepada Firaun

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar Alquran Firaun seorang raja Mesir kuno sebagai lambang kejahatan yang...

Wali Kota Makassar Hadiri Muskerwil PPP Sulsel

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menghadiri Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) yang digelar...

Hasil Panen Perdana Padi di Kelompok Tani Sipakainga I Berhasil Capai 12 Ton/Ha

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Hasil panen perdana di Kelompok Tani Sipakainga I, Kelurahan Sipatokkong, Kecamatan Watang Sawitto untuk musim...

Polres Bone Proses Pungutan K3S Disdik Kecamatan

PEDOMANRAKYAT, WATAMPONE - Polres Bone sementara menangani dugaan pungutan penerimaan Surat Perintah Melaksanakan Tugas (SPMT) guru yang dilakukan oleh...