spot_img
spot_img
spot_img

Piagam Jakarta (1)

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Nurchalish Madjid, atau lebih dikenal dengan Cak Nur (Allahummagfir Lahu), pernah mengemukakan, Indonesia bukanlah negara teokratis, bukan pula negara sekuler; ia adalah negara yang berlandaskan Pancasila.

Ungkapan tersebut, membingungkan bagi sebagian orang. Bagi mereka yang tidak memahami dengan baik problem ideologis bangsa ini, istilah negara Pancasila akan terdengar absurd. Namun di sisi lain, hal tersebut merupakan cara yang tepat bagi mayoritas masyarakat Indonesia, secara ideoogis, dalam memandang negerinya sendiri.

Bagi mereka yang memahami masalah ini, ungkapan tersebut di atas, menyiratkan adanya kompromi dan kesepakatan yang rumit di antara para pendiri Republik ini, yaitu kompromi yang rumit antara nasionalis muslim dan nasionalis sekuler menyangkut ideologi nasional yang resmi.

Hal ini mengingatkan anak bangsa ini, pada beberapa peristiwa beberapa bulan sebelum dan sesudah kemerdekaan, 17 Agustus 1945, yakni tatkala pasukan Jepang, yang disponsori Dokuritzu Zyunbi Tyoosakai atau PPKI memperdebatkan mengenai landasan filosofis yang akan dijadikan pijakan Republik ini.

Nasionalis Muslim atau, setidaknya, yang secara islami mengilhami kaum nasionalis, menginginkan Indonesia yang merdeka berlandaskan Islam, dan itu berarti mengimplikasikan berdirinya Negara Islam Indonesia.

Akan tetapi nasionalis sekuler, yang mayoritas dari mereka adalah penganut Islam sendiri atau non-Muslim, menolak gagasan di atas, sehubungan dengan realitas bahwa, ada juga non-Muslim yang turut berjuang melawan kaum penjajah.

Nasionalis sekuler tersebut, juga mengingatkan bahwa menjadikan Indonesia sebagai sebuah negara Islam sama saja dengan merendahkan, secara tidak adil, penganut agama lain ke dalam warga negara kelas dua.

Baca juga :  Bupati ASA Serahkan LKPJ 2022 ke DPRD Sinjai

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Di Sela-sela Anjangsana, Istri Pj. Bupati Sinjai Mampir Beli Kue Bolu di Pinggir Jalan

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Penjabat Ketua TP. PKK Sinjai Cut Resmiati melakukan anjangsana kebeberapa kediaman warga miskin, lansia dan...

Caleg PKB Andi Imario Paruwusi Lolos Anggota DPRD Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Berhasil mencuri perhatian banyak pihak, calon legislatif pendatang baru yakni Andi Imario dari Partai Kebangkitan...

JPU Kejati Sulsel Menerima Penyerahan Tersangka Korupsi Bendungan Passeloreng

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan telah menerima penyerahan 6 (enam) orang tersangka...

Optimalisasi Pengumpulan ZIS: Kemenag dan Baznas Enrekang, Dorong Kerjasama Yang Efektif

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Kementerian Agama (Kemenag) bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Enrekang menyelenggarakan kegiatan...