Prof. Dr. H. Muhammad Darwis, MS : Kata “Kita” dalam Dua Makna

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Guru Besar Ilmu Linguistik Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unhas Prof. Dr. H. Muhammad Darwis, MS mengatakan, bahasa adalah pemisah antara dunia kebinatangan dengan manusia karena hanya manusia yang dapat berbahasa.

“Dengan bahasa kita dapat mengangkat keberadaban,” ujar Ketua Senat FIB Unhas itu ketika berbicara di depan 48 mahasiswa baru yang mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Departemen Sastra Indonesia FIB Unhas, Jumat (19/08/2022) yang dibuka Ketua Departemen Sastra Indonesia Dr. Hj. Munira Hasyim, SS, M.Hum.

Prof.Muhammad Darwis mengatakan, studi bahasa mencakup studi bahasa sebagai objek dan orientasi bahasa. Kedua, studi bahasa dalam karya sastra untuk kepentingan estetika, meskipun berupa artifisial (buatan) semata. Ketiga, bahasa sebagai suatu produk budaya.

Prof. Darwis memberikan contoh, penggunaan kata “kita” dapat dilihat dari sisi semantik yang bermakna sebagai orang pertama jamak. Namun dari segi fragmatik kata ”kita” kerap digunakan sebagai terhadap kata ganti orang kedua yang dianggap dihormati.

“Ada seorang sopir taksi memuat seorang penumpang perempuan bukan orang Makassar yang berkata, kita menginap di hotel mana ?,” kata Prof.Darwis yang ternyata kalimat ini menimbulkan kekhawatiran. Pasalnya, perempuan penumpang taksi memaknai kalimat tersebut pengemudi itu hendak menginap bersama dengan perempuan tersebut.

Penggunaan kata “kita” tersebut dipengaruhi oleh kebiasaan kita di Makassar berkaitan dengan penggunaan kata dari fragmatik untuk orang yang terhormat.

Setidaknya ada dua pengalaman lain yang berkaitan penggunaan kata “kita” yang tidak memperhatikan konkteks dan latar belakang budaya lawan bicara ini.

Baca juga :  Kabid Humas: Tak Ada Niat Andi Sudirman Rencanakan Tanpa Wagub

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Brimob Bone Peringati Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

PEDOMANRAKYAT, WATAMPONE- Personel Brimob Bone menggelar upacara Hari Kesaktian Pancasila secara virtual  di Aula Mako Batalyon C Pelopor Jalan...

Pangdam Pimpin Kenaikan Pangkat 154 Prajurit dan PNS Jajaran Kodam Hasanuddin

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, SIP, S.Sos, M.Tr(Han), memimpin acara laporan korps...

Wali Kota Makassar Ajak Warganya Mengenal Alutsista TNI

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mendampingi Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok...

Wakil Wali Kota Makassar Berbagi Cerita dengan Anak Korban Kebakaran Rappokalling

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR - Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, memberikan semangat bagi anak-anak korban kebakaran Rappokalling yang...