Arus Kehidupan

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Sebuah arus, dari sumber pegunungan yang jauh, melintasi beragam wilayah pedesaan, akhirnya menyentuh pasir di hamparan padang. Seperti layaknya ketika ia melintasi segala bentuk rintangan, arus itu mencoba untuk melintasi hamparan padang pasir tersebut, tetapi secepat ia melintasinya, air-airnya menghilang.

Ia yakin, meskipun demikian, bahwa sudah menjadi takdirnya untuk melintasi padang pasir, akan tetapi ia tidak menemukan adanya jalan. Tiba-tiba sebuah suara tersembunyi, yang muncul dari padang pasir itu, berbisik, “Angin mampu melintasi padang pasir, pastilah arus juga dapat.”

Arus menyangkal bahwa dirinya telah menggerakkan diri melawan pasir dan hanya membuatnya terserap, karena angin dapat terbang, maka ia dapat menyerberangi padang pasir.

“Dengan caramu bergerak itu, kau tidak akan mampu melintasinya. Kau akan lenyap atau jadi lumpur. Kau harus mengizinkan angin membawamu terbang, menuju tujuanmu.” Tetapi bagaimana ini terjadi? Dengan membiarkan dirimu terserap oleh angina.”

Gagasan ini tidak bisa diterima arus. Lagi pula, ia tidak pernah terserap sebelumnya. Ia tidak ingin kehilangan jati dirinya. Dan, sudah lenyap, siapa menjamin bahwa dirinya dapat kembali?”

“Angin,” kata pasir, “Memang melakukan pekerjaan itu. Ia mengangkat air, membawanya melintasi padang pasir, dan kemudian membiarkannya jatuh lagi. Jatuh sebagai hujan, dan air akan menjadi sungai kembali.”

“Bagaimana aku tahu yang kau ucapkan itu benar?”

“Memang demikian, dan jika kau tidak mempercayainya, dirimu paling-paling akan jadi lumpur, dan itupun memerlukan waktu bertahun- tahun; dan tentu kau tahu lumpur sama sekali tidak sama dengan arus.”

Baca juga :  Digagas Bank BRI, Pemkab Sinjai Apresiasi Pelatihan Bidang Perikanan Tangkap

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

13 Anggota Polri Mendapatkan Kenaikan Pangkat, Ini Daftarnya

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA - Sejumlah perwira tinggi (pati) Polri mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi. Berdasarkan surat telegram STR/722/IX/KEP/2022,...

Ketua DPD II Partai Golkar Makassar Serahkan Bantuan Korban Kebakaran di Rappocini

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Salah satu bentuk kepedulian kembali ditunjukkan Partai Golkar terhadap masyarakat, terutama bagi yang tertimpa musibah. Seperti...

Bupati Sidrap Hadiri Langsung Pengarahan Presiden Joko Widodo

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA -- Bupati Sidenreng Rappang (Sidrap), H. Dollah Mando hadir dan mendengarkan langsung pengarahan Presiden Joko Widodo...

Operasi Sikat 2022, Polres Pelabuhan Makassar Amankan 9 Pelaku Curas, Curat dan Judi Online

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Polres Pelabuhan Makassar mengungkap hasil Operasi Sikat 2022 melalui kegiatan Press Release di Mapolres tersebut...