spot_img

254 Ternak Terpapar Di Lutra Terserang PMK

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MASAMBA –

Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Utara mengonfirmasi, sebanyak 254 ternak sapi di daerah tersebut, terserang Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kepala Sub Koordinator Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Luwu Utara,  Is Suryanti, mengungkapkan, “Hingga kini, Kabupaten Luwu Utara sudah terserang dan menyebar ternak sapi Penyakit Mulut dan Kuku.”

Dikatakan, hingga tanggal 23 Agustus 2022, tercatat 254 kasus PMK di Luwu Utara. Sebarannya diketahui mulai terjadi sejak 18 Agustus 2022.

“Saat ini, sudah ada 284 kasus suspek PMK dan empat sudah mati. 26 ekor sembuh dan sudah terkonfirmasi positif 254 ekor,” katanya.

Untuk mencegah penyaki tersebut menyebar lebih luas lagi, Dinas Pertanian Luw Utara sementara melakukan penyuntikan vaksin bagi hewan ternak.

Dikatakan pula, lalu lintas hewan ternak, baik yang masuk ataupun keluar Kabupaten Luwu Utara masih diawasi secara ketat oleh Dinas Pertanian setempat.

Sebagai informasi sebaran ternak yang terserang PMK di Luwu Utara adalah, Desa Tulung Sari Kecamatan Sukamaju 44 ternak dan sudah sembuh 20 ekor. Di Desa Tulung Indah Kecamatan Ketulungan 33 sakit.

Di Desa Wonokerto 26 terserang penyakit mati 1 ekor, Wonosari 26 terserang, Mulyasari 85, Desa Subur 5 terserang, Sidoraharjo 7 ekor terserang, dan Desa Salulemo 28 ternak. (yus)

Baca juga :  Ketua TP. PKK Sinjai Pimpin Kegiatan Anjangsana

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Siswa SMA Muhammadiyah 6 Makassar Lakukan Pengamatan Benda Luar Angkasa

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap sains dan teknologi, SMA Muhammadiyah 6 Makassar...

Berikan Jam Pimpinan, Pangdam XIV/Hsn Tekankan Agar Menghindari Pelanggaran Sekecil Apapun

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.IP memberi jam pimpinan dengan memberikan pengarahan kepada...

Jalin Persahabatan Antar Alumni 80-an, SMANSA FC Gelar Turnamen Fourfeo di Lapangan Sapta Mini Soccer

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Dalam rangka menjalin persahabatan antar alumni angkatan 80-an SMA Negeri 1 (SMANSA) Makassar yang hobi...

Permainan Bola Roboh, Siswa TK Handayani Batujala Meninggal Dunia

PEDOMAN RAKYAT, JENEPONTO.Akibat Permainan Bola Dunia di Sekolah TK Handayani Bayujala Desa Batujala Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto Sulawesi...