Gubernur Sulteng Minta Tambang Trio Kencana Segera Beroperasi

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMAN RAKYAT, PALU – Guna menjamin dan mempercepat beroperasinya pertambangan di Ketumbar, Sulawesi Tengah, PT Trio Kencana mengadakan pertemuan dengan warga masyarakat Kasimbar di Kantor Gubernur Sulteng, Kamis (24/08/2022).

Pertemuan itu diprakarsai Gubernur Sulteng, dengan mempertemukan Komisaris Utama PT Trio Kencana H. Surianto Mujib (HSM) dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama Kasimbar serta perwakilan 29 kades se-Kasimbar yang dipimpin langsung Camat Kasimbar Abdul Manan, S.Pd, MM.

H. Surianto Mujib (HSM) sebagai Komisaris Utama PT Trio Kencana mengatakan, Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) pertambangan merupakan dokumen yang wajib diajukan penambang kepada Kementerian ESDM untuk mendapatkan izin menambang.

Surianto mengakui, pihaknya telah mengajukan RKAB pada tahun 2022 ini. Setidaknya sudah tiga kali dilakukan dan masih mendapat perbaikan. Namun pengajuan untuk tahun 2022 akan berakhir pada bulan November, sehingga terasa tanggung dan tinggal beberapa bulan lagi.

“Pengajuan RKAB yang akan kami lakukan adalah RKAB tahun 2023 di bulan Oktober 2022 ini, agar semua masyarakat Kasimbar mengetahuinya,” ungkap HSM.

Sebenarnya, kata HSM, RKAB tahun 2021 itu sudah keluar. Namun adanya beberapa permasalahan pembebasan lahan di lokasi. Dimana, ada orang atau oknum yang mengaku-ngaku dari PT Trio Kencana dan membuat persetujuan dan perjanjian dengan pemilik lahan. Sementara PT Trio Kencana sendiri tidak pernah menugaskan seseorang untuk masalah tersebut.

Gubernur Sulteng H. Rusdy Mastura yang didampingi sekprov, kadis pertambangan, dan pejabat terkait mempersilahkan PT Trio Kencana menambang di Kasimbar.

Baca juga :  Lahirkan Penghafal Al Qur'an, Camat Bulupoddo Apresiasi Program "Panrita Kitta"

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pesan Kebenaran Musa AS Kepada Firaun

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar Alquran Firaun seorang raja Mesir kuno sebagai lambang kejahatan yang...

Wali Kota Makassar Hadiri Muskerwil PPP Sulsel

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menghadiri Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) yang digelar...

Hasil Panen Perdana Padi di Kelompok Tani Sipakainga I Berhasil Capai 12 Ton/Ha

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Hasil panen perdana di Kelompok Tani Sipakainga I, Kelurahan Sipatokkong, Kecamatan Watang Sawitto untuk musim...

Polres Bone Proses Pungutan K3S Disdik Kecamatan

PEDOMANRAKYAT, WATAMPONE - Polres Bone sementara menangani dugaan pungutan penerimaan Surat Perintah Melaksanakan Tugas (SPMT) guru yang dilakukan oleh...