spot_img

Kembali, UNM Kukuhkan Dua Guru Besar, Bidang Ilmu Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan Fakultas Teknik,

Bagikan:

Tanggal:

Selaku pemateri pertama, Prof. Dr. Ir. Hj. Hasanah Nur, MT, dengan mengusung judul ‘Membangun Jiwa Enterpreneur dan Karakter Kewirausahaan Melalui Teaching Factory pada Pendidikan Vokasi dan Kejuruan di Indonesia’ mengatakan, untuk membangun jiwa enterpreneur dan karakter kewirausahaan melalui teaching factory sangat penting untuk dilakukan secara berkesinambungan.

“Kurikulum pembelajaran haruslah disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja. Penyelenggaraan pembelajaran teaching factory ini, akan mampu mengembangkan dan menumbuhkan jiwa enterpreneur bagi peserta didik, sehingga tercipta kekuatan karakter kewirausahaan, yang akan berimbas pada terciptanya lulusan yang mandiri dan mampu membuka lapangan kerja,” papar Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) UNM ini.

Kemudian, Prof. Hasanah, menuturkan, lulusan yang memiliki jiwa enterpreneur, pastilah memiliki karakter kewirausahaan, yakni memiliki pribadi yang Disiplin, Jujur, Aktif, Kreatif dan Produktif (DJAKIP).

“Maka, membangun jiwa enterpreneur sangat penting dilakukan untuk memperkuat karakter kewirausahaan dan mengjasilkan sumber daya manusia yang unggul. Maka diharapkan kepada setiap penyelenggara pendidikan vokasi dan kejuruan dapat melakukan inovasi pembelajaran melalui teaching factory dan melakukan link and match dengan dunia usaha dan dunia industri,” imbuhnya.

Selanjutnya, selaku pembawa orasi ilmiah kedua, Prof. Dr. Purnamawati, MPd, memaparkan materinya yang berjudul ‘Pembelajaran Berbasis Teaching Industry untuk Menumbuhkan Critical Thinking Skill dan Kemampuan Kerja Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan’.

Diungkapkan, pembelajaran berbasis teching industry, memiliki pengaruh yang cukup besar dalam meningkatkan pengetahuan dan kompetensi peserta didik dalam menghadapi perkembangan industri 4.0, yang mencakup kemampuan Internet of Things (IoT), Artificial Intelligent (AI), robotika, cloud computing, Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan sebagainya.

Baca juga :  Jelang Lebaran, TPID Pemkab Sidrap Pantau Harga Bahan Pokok di Pasar Tanrutedong

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kejari Enrekang Pimpin Upacara HKN dan Halal Bihalal, Manfaatkan Potensi SDA Untuk Kemajuan Kabupaten

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Hari kedua pasca libur dan cuti bersama Idul Fitri 1445 Hijriyah 2024, Pemerintah Kabupaten Enrekang...

Bupati Irwan serahkan 138 SK PPPK Tenaga Pendidik

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Sebanyak 138 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kabupaten Pinrang menerima SK Pengangkatan sebagai...

Gelar Konferensi Pers, Prof Basri Modding Klarifikasi Tuduhan Penyelewengan Dana

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR --Penasehat hukum mantan Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Prof, Dr. Basri Modding, SE, MSi dari...

Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional, Pj. Bupati Sinjai Tekankan Ini

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Penjabat Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah kembali menekankan peningkatan kompetensi bagi setiap Aparatur Sipil Negara...