Sepasang Sepatu

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Dua lelaki saleh bersama-sama menuju ke masjid untuk menunaikan salat. Lelaki pertama melepas sepatunya dan menempatkannya dengan rapi, di luar pintu masuk. Sementara kawannya, melepas sepatunya dan membawanya ke dalam masjid.

Terjadi diskusi menarik di antara jamaah yang menyaksikan tindak-tanduk kedua pemuda yang baru saja melepas sepatu mereka, membahas di antara keduanya manakah yang memiliki sifat kemuliaan.

Salah seorang jamaah berkata, “Jika orang masuk ke masjid dengan kaki telanjang, bukankah lebih baik meninggalkan sepatunya di luar?”

Jamaah lain berkata, “Tetapi tidakkah kita mempertimbangkan, bahwa lelaki yang membawa sepatunya ke dalam masjid berarti mengingatkan dirinya bahwasanya dengan sepatu itu bersamanya, ia sedang dalam keadaan rendah diri yang benar?”

Usai menunaikan salat, para jamaah bertanya kepada kedua lelaki tersebut, perihal tindakan mereka terhadap sepatu masing-masing.

Lelaki pertama berkata, “Aku meninggalkan sepatuku di luar untuk alasan biasa saja. Yakni, kalau seseorang ingin mencuri sepatu itu ia akan memiliki peluang untuk tetap menahan godaan, sehingga memberikan kebaikan untuk dirinya sendiri.”

Para jamaah terkesan dengan ungkapan yang disampaikan oleh lelaki pertama, yang tidak begitu peduli dengan sepatu miliknya.

Lelaki kedua berkata, “Aku membawa masuk sepatuku ke masjid karena jika aku tinggalkan di luar, sepatu tersebut bisa saja membuat seseorang tergoda untuk mencurinya. Siapa pun yang tergoda dengan mengambil sepatuku, maka diriku adalah penyebab dalam perbuatan dosa tersebut.”

Baca juga :  Gelar Seminar Pendidikan, Kepala Badan Kesbangpol Wajo Berterima Kasih pada Lidik Pro RI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pesan Kebenaran Musa AS Kepada Firaun

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar Alquran Firaun seorang raja Mesir kuno sebagai lambang kejahatan yang...

Wali Kota Makassar Hadiri Muskerwil PPP Sulsel

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menghadiri Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) yang digelar...

Hasil Panen Perdana Padi di Kelompok Tani Sipakainga I Berhasil Capai 12 Ton/Ha

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Hasil panen perdana di Kelompok Tani Sipakainga I, Kelurahan Sipatokkong, Kecamatan Watang Sawitto untuk musim...

Polres Bone Proses Pungutan K3S Disdik Kecamatan

PEDOMANRAKYAT, WATAMPONE - Polres Bone sementara menangani dugaan pungutan penerimaan Surat Perintah Melaksanakan Tugas (SPMT) guru yang dilakukan oleh...