Depresi

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H. Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Penyakit jiwa ini adalah ujian terberat yang Allah SWT kirimkan kepada manusia untuk mengingatkan bahwa mereka tidak akan mengejar-ngejar segala yang jasmaniah dan melupakan warisan kemalaikatan mereka.

Para malaikat selalu mengingat Allah SWT. Jika mereka berhenti, mereka dengan serta-merta akan berhenti hidup. Demikian pula, manusia diperlukan untuk mengingat Yang Maha Pencipta segala yang melingkupi mereka agar mereka hidup dalam kebahagiaan dan bersyukur.

Allah SWT memerintahkan malaikat untuk melayani mereka yang mengingat-Nya dan memerangi mereka yang melupakan-Nya. Ini bukan untuk menghukum mereka tetapi untuk menolong dan membenarkan mereka.

Bayi dan anak-anak menangis ketika mereka diberikan obat pahit. Orang dewasa mengetahui kebutuhan mereka akan energi kemalaikatan dari kebajikan dan keindahan. Jika mereka memilih mengabaikan kebutuhan semacam ini, mereka diperingati melalui obat depresi. Yang kemudian disebut pengaruh dari goncangan kepada sistem dari mereka yang melupakan Allah SWT Maha Pencipta kebajikan dan keindahan.

Karakteristik sebuah sifat kemalaikatan adalah bisa menjadi makanan dan tinggal di dalam zikir kepada Allah SWT. Sebaliknya, sifat yang kasar tidak bisa menjadi makanan bagi orang lain selain dari hewan atau tidur tanpa melepaskan kesadaran mereka.

Ketika manusia lupa mengingat Allah SWT, selama periode yang panjang, karat bertambah di hatinya. Depresi mengendap dan melankolis menemukan rumah tetapnya.

Inilah mengapa Nabi SAW mengatakan, “Segala sesuatu ada semirnya, dan semir hati adalah zikir kepada Allah SWT.”

Baca juga :  LLDIKTI IX Kembali Gelar DKT Penilaian Angka Kredit Dosen

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Musker PAS82 di Malino, Azhary : Kita Selalu Dianggap Ilegal, Padahal Kita Punya Ijazah SMANSa

PEDOMANRAKYAT, MALINO - Sekitar 100-an alumni SMA Negeri 1 (SMANSa) Makassar Angkatan Tahun 1982 mengikuti kegiatan Musyawarah Kerja...

Dinas Damkar Bagikan Alat Pemadam Kebakaran di Lorong Wisata

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar salurkan Apar (Alat Pemadam Kebakaran) di lorong wisata yang tersebar...

Untuk Pertolongan Pertama Atasi Kebakaran, Pemkot Makassar Hadirkan Damtor di 53 Kelurahan

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Maraknya kebakaran yang terjadi dengan kondisi jalan yang sempit maupun susah diakses armada Pemadam Kebakaran...

Tutup Perkemahan di Bumi Tanabau, Ini Amanat Camat Bontomatene

PEDOMANRAKYAT, KEPULAUAN SELAYAR - Menghadiri dan menutup kegiatan perkemahan dalam rangkaian memperingati hari Pramuka ke-61 tahun 2022 yang...