Kisah Perjalanan Sukri Abbas Lurah Maccini Parang Hingga Wisata Lorong (Bagian Dua)

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : Rachim Kalo

PADA bagian satu yang telah di publish media ini, Sukri Abbas, S.Sos (Lurah Maccini Parang) bercerita kisah perjalanannya menjadi seorang Aparat Sipil Negara (ASN). Di segmen ini, dia pun bertutur awal menjadi lurah diperhadapkan perang kelompok antar warga Kelurahan Karuwisi dengan warga jalan sepakat dengan sosialisasi ‘Jagai Anakta” dan intens membenahi tujuh lorong sebagai ikon “wisata lorong”.

Di Kelurahan Maccini Parang jumlah penduduk 5.549 orang dengan tingkat pendidikan menengah ke bawa. Tentu dalam berinteraksi dengan warga, diperhadapkan pola pikir yang berbeda-beda. Dan itu yang dirasakan seorang Sukri Abbas.

Pada awal menjabat terjadi perang kelompok antar warga Kelurahan Karuwisi dengan warga jalan sepakat. Sekalipun bukan masyarakat Maccini Parang sebagai pelaku perang itu, tapi akibat insiden tersebut salah satu warganya menjadi korban – meninggal dunia kena busur.

Tokoh pemuda di Kelurahan Maccini Parang waktu itu sepakat untuk membalas dendam, namun dilerai dengan pendekatan-pendekatan mediasi.

“Alhamdulillah pendekatan-pendekatan yang kami lakukan, mediasi bersama Kapolsek, Danramil, Pemerintah Kecamatan Makassar, Kelurahan, tokoh-tokoh masyarakat, tokoh pemuda dalam waktu yang tidak terlalu lama, perang tidak meluas,” kenang Sukri.

Mengapa dendam itu redam, karena komitmen masyarakat jika pelaku cepat tertangkap maka kita (warga) menganggap persoalan ini selesai. Sejak itu, perang kelompok usai.

Sejalan dengan “Jagai Anakta” adalah program yang memberikan edukasi pada orang tua agar anak menjadi pribadi yang baik dan bermanfaat serta menjadi tugas bersama untuk menyelamatkan generasi penerus bangsa.

Baca juga :  DPRD Bone Tolak Naskah Akademik PDAM

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pesan Kebenaran Musa AS Kepada Firaun

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar Alquran Firaun seorang raja Mesir kuno sebagai lambang kejahatan yang...

Wali Kota Makassar Hadiri Muskerwil PPP Sulsel

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menghadiri Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) yang digelar...

Hasil Panen Perdana Padi di Kelompok Tani Sipakainga I Berhasil Capai 12 Ton/Ha

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Hasil panen perdana di Kelompok Tani Sipakainga I, Kelurahan Sipatokkong, Kecamatan Watang Sawitto untuk musim...

Polres Bone Proses Pungutan K3S Disdik Kecamatan

PEDOMANRAKYAT, WATAMPONE - Polres Bone sementara menangani dugaan pungutan penerimaan Surat Perintah Melaksanakan Tugas (SPMT) guru yang dilakukan oleh...