spot_img
spot_img
spot_img

Al- Amin

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Allah SWT menegaskan bahwasanya Nabi Muhammad SAW hanyalah manusia biasa yang diberi amanah untuk menyampaikan risalah kepada umat manusia. Risalah yang disampaikan merupakan suatu kebenaran dan bukan berdasarkan hawa nafsu atau kepentingan diri pribadi.

Sebelum diangkat sebagai Rasul, Nabi Muhammad SAW oleh masyarakat sekitar sebagai seorang yang al- Amin atau dapat dipercaya. Gelar al- Amin yang diberikan kepada Rasulullah SAW merupakan suatu gelar yang diberikan oleh masyarakat Quraiys kepada beliau. Jadi bukan beliau yang menggelari diri sendiri, namun orang lain.

Dengan modal al-Amin, ternyata tidak membuat masyarakat Qurayis merta merta menerima risalah yang dibawa oleh Rasulullah SAW di antara argumen yang membuat ditolak adalah, karena beliau dianggap ingin mengubah tatanan masyarakat Qurayis yang dianggap sudah mapan.

Seperti diketahui, masyarakat Qurayis dalam kehidupan sosial kemasyarakatan memiliki tingkatan, dari kasta bangsawan hingga budak. Parahnya, bangsawan sekalipun berbuat kejahatan tetap dianggap sebagai tindakan kebaikan. Sebaliknya, ketika rakyat jelata berbuat salah, maka mereka harus dihukum.

Kembali ke al-Amin yang merupakan modal terbesar Rasulullah SAW dalam menyampaikan risalah Allah SWT yang dapat menyebar ke seluruh penjuru dunia. Para pedagang/ pengusaha yang ingin sukses dalam dunia usahanya, konon mereka harus memiliki modal al-Amin dan ketika mereka tidak dipercaya oleh konsumen, biasanya dagangan mereka kurang diminati oleh calon pembeli lainnya.

Dalam kehidupan hari ini, rasanya tidak salah kalau kita kembali mengintrospeksi diri. Masih adakah sifat al-Amin dalam diri kita? Masih adakah sifat al-Amin kepada mereka yang kita percayai dan jadikan panutan?

Baca juga :  Pengendalian Diri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Presiden RI Lakukan Kunker di Sulsel, Andi Rian Tinjau Langsung Sistem Pengamanan

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Presiden Republik Indonesia Ir Joko widodo melaksanakan Kunjungan Kerja di Wilayah Sulawesi Selatan. Kamis (22/02/2024). Dalam...

Dua Putra Asal Kecamatan Cendana Dipastikan Kembali Duduki Kursi Parlemen di DPRD Kabupaten Enrekang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Dalam konteks pemilihan legislatif pada 14 Februari 2024, di tingkat DPRD Kabupaten Enrekang, Daerah Pemilihan...

Pj Bupati Enrekang Turut Dampingi Presiden Jokowi Kunjungan Kerja di Sulsel

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Penjabat Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, SE, MM, turut mendampingi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo...

Kunker Presiden Jokowi, Kapolres AKBP Yudi Frianto Pimpin Langsung PAM VVIP di Peresmian Makassar New Port (MNP)

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Pelabuhan Makassar, AKBP Yudi Frianto memimpin pengamanan VVIP kunjungan kerja Presiden...