spot_img

Terima Bantuan Bibit dari Pemprov, Bupati ASA Harap Kejayaan Kakao Bisa Bangkit

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI – Tanaman Kakao merupakan salah satu tanaman perkebunan yang memiliki potensi untuk terus dikembangkan, khususnya di Kabupaten Sinjai.

Tahun ini sebanyak 944 hektar area tanaman kakao untuk 66 kelompok tani di 6 kecamatan mendapatkan bantuan bibit berkualitas dari Pemerintah Provinsi Sulsel.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Sinjai H. Jamaluddin Nanring saat ditemui, Rabu (31/08/2022) mengatakan, tanaman kakao di Sinjai sebagian besar perlu dilakukan peremajaan atau pergantian pohon.

Mengingat usia tanaman kakao di Sinjai sekitar 80 persen sudah berusia diatas 30 tahun sehingga produksi yang dihasilkan tidak optimal lagi.

Untuk itu pihaknya merasa bersyukur dengan adanya bantuan bibit kakao dengan varietas unggul yang diserahkan oleh Pemerintah Provinsi Sulsel kepada para petani kakao di Sinjai.

“Bibit yang dibagikan ini adalah varietas MCC 02 yang telah bersertifikat dan sudah teruji tahan hama dan penyakit. Varietas ini oleh beberapa kabupaten di wilayah lain yang gunakan dan ternyata hasil produksinya sangat bagus,” katanya.

Menurut Jamaluddin, dengan adanya peremajaan kakao dengan sistem sambung pucuk ini diperkirakan sekitar 2 atau 3 tahun mendatang produksi kakao di Sinjai akan lebih bermutu lagi.

“Ini akan mendukung target Pemerintah Provinsi Sulsel yaitu Gerakan Peningkatan Produksi 350 ribu ton tiap tahun dan kita juga optimis bisa membangkitkan petani kakao di Sinjai,” ucapnya.

Terkait pemasarannya, Jamaluddin mengungkapkan, komoditi ini termasuk komoditi ekspor sehingga dalam pemasarannya tidak ada kendala yang dihadapi oleh petani.

Baca juga :  Sambut Satgas Pamtas RI-RDTL Yonkav 10/Mendagiri, Pangdam XIV/Hsn Berikan Apresiasi Prestasi Diraih

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kejari Enrekang Pimpin Upacara HKN dan Halal Bihalal, Manfaatkan Potensi SDA Untuk Kemajuan Kabupaten

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Hari kedua pasca libur dan cuti bersama Idul Fitri 1445 Hijriyah 2024, Pemerintah Kabupaten Enrekang...

Bupati Irwan serahkan 138 SK PPPK Tenaga Pendidik

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Sebanyak 138 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kabupaten Pinrang menerima SK Pengangkatan sebagai...

PO Primadona Serahkan Bantuan Pangan Korban Longsor di Manggau

PEDOMANRAKYAT, MAKALE, PO Primadona, Rabu (17/4) serahkan bantuan pangan ke keluarga korban longsor di Palangka dan Pangra'ta menelan...

Gelar Konferensi Pers, Prof Basri Modding Klarifikasi Tuduhan Penyelewengan Dana

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR --Penasehat hukum mantan Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Prof, Dr. Basri Modding, SE, MSi dari...