Terima Bantuan Bibit dari Pemprov, Bupati ASA Harap Kejayaan Kakao Bisa Bangkit

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI – Tanaman Kakao merupakan salah satu tanaman perkebunan yang memiliki potensi untuk terus dikembangkan, khususnya di Kabupaten Sinjai.

Tahun ini sebanyak 944 hektar area tanaman kakao untuk 66 kelompok tani di 6 kecamatan mendapatkan bantuan bibit berkualitas dari Pemerintah Provinsi Sulsel.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Sinjai H. Jamaluddin Nanring saat ditemui, Rabu (31/08/2022) mengatakan, tanaman kakao di Sinjai sebagian besar perlu dilakukan peremajaan atau pergantian pohon.

Mengingat usia tanaman kakao di Sinjai sekitar 80 persen sudah berusia diatas 30 tahun sehingga produksi yang dihasilkan tidak optimal lagi.

Untuk itu pihaknya merasa bersyukur dengan adanya bantuan bibit kakao dengan varietas unggul yang diserahkan oleh Pemerintah Provinsi Sulsel kepada para petani kakao di Sinjai.

“Bibit yang dibagikan ini adalah varietas MCC 02 yang telah bersertifikat dan sudah teruji tahan hama dan penyakit. Varietas ini oleh beberapa kabupaten di wilayah lain yang gunakan dan ternyata hasil produksinya sangat bagus,” katanya.

Menurut Jamaluddin, dengan adanya peremajaan kakao dengan sistem sambung pucuk ini diperkirakan sekitar 2 atau 3 tahun mendatang produksi kakao di Sinjai akan lebih bermutu lagi.

“Ini akan mendukung target Pemerintah Provinsi Sulsel yaitu Gerakan Peningkatan Produksi 350 ribu ton tiap tahun dan kita juga optimis bisa membangkitkan petani kakao di Sinjai,” ucapnya.

Terkait pemasarannya, Jamaluddin mengungkapkan, komoditi ini termasuk komoditi ekspor sehingga dalam pemasarannya tidak ada kendala yang dihadapi oleh petani.

Baca juga :  Memilih Kehidupan Akhirat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

In Memoriam Sahban Liba: Kerja di Jakarta, Dirikan Kampus di Makassar

Oleh: Asnawin Aminuddin (Pemerhati Pendidikan) Innalilahi wainna ilaihi raji’un. Telah berpulang ke Rahmatullah, ayahanda kami, Dr H Sahban Liba,...

Musker PAS82 di Malino, Azhary : Kita Selalu Dianggap Ilegal, Padahal Kita Punya Ijazah SMANSa

PEDOMANRAKYAT, MALINO - Sekitar 100-an alumni SMA Negeri 1 (SMANSa) Makassar Angkatan Tahun 1982 mengikuti kegiatan Musyawarah Kerja...

Dinas Damkar Bagikan Alat Pemadam Kebakaran di Lorong Wisata

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar salurkan Apar (Alat Pemadam Kebakaran) di lorong wisata yang tersebar...

Untuk Pertolongan Pertama Atasi Kebakaran, Pemkot Makassar Hadirkan Damtor di 53 Kelurahan

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Maraknya kebakaran yang terjadi dengan kondisi jalan yang sempit maupun susah diakses armada Pemadam Kebakaran...