spot_img

Bicara di Hadapan Seribu Mahasiswa, Gubernur Sulsel Bagikan Tips Jadi Pengusaha

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman membagikan tips menjadi pengusaha di hadapan seribu mahasiswa dari 49 perguruan tinggi negeri dan swasta se-Sulawesi, pada Grand Opening Program Wirausaha Merdeka Kemdikbudristek RI, di Balai Sidang Muktamar 47 Kampus Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Selasa, 30 Agustus 2022.

“Seorang pengusaha harus memiliki kemampuan memberi instruksi, bahkan kepada orang yang tua dari dirinya. Tentu sulit bagi kita memimpin orang yang lebih tua, jika kita tidak memiliki pola pikir, kemampuan mengurai, dan memecahkan masalah,” kata Andi Sudirman.

Seorang wirausahawan, lanjutnya, harus menjadi pembelajar yang cepat (fast learner). Harus belajar secara tepat, efektif. Tidak menghabiskan waktu, cerdas dan cermat. Cepat dan tepat.

“Kalau mau jadi pengusaha, kuasai apa yang mau dirintis, jadi ahli di situ,” tandas Andi Sudirman.

Selanjutnya, seorang wirausahawan memiliki rasa percaya diri dan optimisme yang tinggi.

“Jika ingin merintis bisnis, harus memiliki percaya diri bahwa apa yang akan kita lakukan akan berhasil,” kata Andi Sudirman.

Ia juga mengingatkan pentingnya integritas. Seseorang tidak bisa jadi pengusaha kalau tidak memiliki integritas, karena modal terbesar pengusaha adalah trust, kepercayaan dari orang lain.

“Dengan pertolongan Allah, tidak ada yang sulit. Apapun yang Anda rencanakan, jika dengan pertolongan Allah, bisa Anda capai meskipun terkadang hal itu di luar nalar manusia,” kata Andi Sudirman.

Grand Opening Program Wirausaha Merdeka Kemdikbudristek RI di Kampus Unismuh Makassar turut dihadiri Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX Sultanbatara, Drs Andi Lukman MSi, Rektor Unismuh Prof Ambo Asse, Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Unismuh Prof Gagaring Pagalung.

Baca juga :  704 Personel Polri Alami Mutasi dan Rotasi, Ada 7 Polwan Dapat Promosi Jabatan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kejari Enrekang Pimpin Upacara HKN dan Halal Bihalal, Manfaatkan Potensi SDA Untuk Kemajuan Kabupaten

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Hari kedua pasca libur dan cuti bersama Idul Fitri 1445 Hijriyah 2024, Pemerintah Kabupaten Enrekang...

Bupati Irwan serahkan 138 SK PPPK Tenaga Pendidik

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Sebanyak 138 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kabupaten Pinrang menerima SK Pengangkatan sebagai...

Gelar Konferensi Pers, Prof Basri Modding Klarifikasi Tuduhan Penyelewengan Dana

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR --Penasehat hukum mantan Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Prof, Dr. Basri Modding, SE, MSi dari...

Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional, Pj. Bupati Sinjai Tekankan Ini

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Penjabat Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah kembali menekankan peningkatan kompetensi bagi setiap Aparatur Sipil Negara...