spot_img

BEM Universitas Cokroaminoto Palopo Kecam Rektor Terkait Larangan Berorganisasi Dalam Kampus

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, PALOPO – Mahasiswa Universitas Cokroaminoto Palopo, yang terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM UNCP) dan beberapa lembaga Unit Kegiatan Khusus (UKK) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di dalam kampus melakukan sebuah bentuk aksi protes secara spontan pada saat Masa Orientasi Akademik dan Kelembagaan (MORAL) untuk mahasiswa baru tahun 2022.

Ketua Umum Himagro-UNCP, Muhammad Ikbal saat memberikan keterangan melalui sambungan aplikasi telekomunikasi mengatakan, hal ini menjadi sebuah bentuk kecaman terhadap pihak pimpinan universitas dalam hal ini Rektor UNCP, Rahman Haeruddin, SP, M.Si yang dinilai mengeluarkan keputusan dan statement yang tidak berorientasi pada kepentingan organisasi internal yang ada di kampus.

Kejadian itu bermula dari adanya surat peringatan yang diberikan kepada salah satu Ketua UKK yang dikeluarkan oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan karena dinilai kritikan yang diucapkan mencemarkan nama baik kampus dan memuncak pada saat Rektor menyampaikan sebuah pelarangan untuk mengikuti organisasi di hadapan mahasiswa.

Diketahui pada hari kedua MORAL-UNCP, UKK/UKM melakukan pengenalan tentang kelembagaan yang dipandu oleh Badan Eksekutif Mahasiswa. Pada proses itu seluruh Ketua UKK/UKM selain memperkenalkan lembaga masing-masing mereka juga secara tegas menyerukan penolakan aturan pembatasan kegiatan malam dan pembongkaran 6 Sekretariat UKK tanpa kejelasan pembangunan.

Isu tersebut selalu menjadi pusat perhatian organisasi yang ada di kampus karena sudah berjalan berbulan-bulan tidak ada upaya rektor untuk menyerap aspirasi mahasiswa.

“Isu pembatasan kegiatan telah disuarakan selama berbulan-bulan karena kami menganggap pembatasan kegiatan malam ini dinilai sangat membatasi ruang gerak mahasiswa di dalam melaksanakan aktivitas penunjang lembaga atas observasi itu banyak UKK/UKM harus melaksanakan kegiatan-kegiatanya diluar kampus,” ucap Mahliga Nurlang Ketua BEM UNCP.

Baca juga :  Panglima Ta’ Sepakat Pemilu 2024 Berjalan Damai Tanpa Intimidasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Sekdisdik Wajo Buka Lokakarya CGP Angkatan 11 Tahun 2024

PEDOMANRAKYAT, SENGKANG WAJO – Sekretaris Dinas Pendidikan, Sekdisdik Wajo buka lokakarya CGP Angkatan 11 tahun 2024 di Aula...

Prof Naidah Naing Raih Penghargaan Dosen Peneliti Terbaik 2024

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia (UMI) khususnya Program Studi Arsitektur, patut berbangga karena, guru besarnya...

Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2024 Resmi Diluncurkan

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, secara resmi meluncurkan tahapan pemilihan Bupati dan...

Piala Eropa 2024: Empat Tim Grup E Berebut ke 16 Besar

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR. Kemenangan Belgia atas Rumania 2-0, Ahad (23/6/2024) dinihari di Rheine Energie Stadion membuat pertarungan memperebutkan...