spot_img

Akademisi UMI Jadi Ahli Bahasa Forensik, Kerusuhan Papua Barat 2022

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT,MAKASSAR— Akademisi UMI tidak hanya berkiprah di internal kampusnya, namun merambah ke berbagai daerah di Indonesia.

Dr. Kasma F. Amin, M.Pd, Dosen Sastra Indonesia Fakultas Sastra UMI diutus menjadi ahli bahasa forensik dalam kasus Kerusuhan Papua Barat tahun 2022.

Penugasan dari Dekan Fakultas Sastra Dr. Rusdiah, M.Hum, tersebut sebagai dosen yang memiliki kompetensi ahli bahasa forensik.

Kasma F. Amin telah berpengalaman dalam menangani berbagai kasus hukum di Sulsel, termasuk ujaran kebencian, hoax, dan pencemaran nama baik.

Tahun 2019 -2021 telah menangi kasus pencemaran nama baik dan ujaran kebencian enam kasus.

Alumni Fakultas Sastra UMI ini bercerita, kasus kerusuhan di Papua Barat yang dilaporkan sebagai hoax atau ujaran kebohongan telah mengakibatkan kerusuhan dan aktivitas ekonomi masyarakat terhenti.

“Masyarakat berlarian naik ke gunung mengungsi hingga beberapa hari. Atas pengalaman sebagai ahli bahasa pada beberapa kasus sebelumnya, saya dipercayakan menangani kasus di luar provinsi Sulsel,” kata Kasma F Amin dalam keterangan resminya, Kamis (1/9/2022).

Penulis Buku Sastra Klasik Bugis Makassar tersebut bekerja bersama pihak kepolisian dalam menangani suatu kasus hukum ini.

Sebagai dosen yang mempunyai kompetensi kebahasaan, ia diperiksa dan didengar keterangannya sebagai Ahli Bahasa terhadap dugaan terjadinya tindak pidana.

“Ini didasari peraturan, setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau menstransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik,” imbuhnya.

Baca juga :  Jubir JK, Husain Abdullah, Raih Gelar Doktor di Unpad

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Aliansi Peduli Keadilan Gelar Aksi di Depan Mapolda Sulsel Tuntut Pengusutan Kasus Kematian Fikri

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sejumlah massa yang tergabung dalam Aliansi Peduli Keadilan menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor...

Direktur PNUP Resmi Buka UTBK-SMB PNUP 2024 : Ini Harapannya

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Kampus Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) kembali memberi kesempatan kepada calon mahasiswa baru melalui Seleksi...

Kecam Aktivitas W Superclub, Ormas Pandawa Gelar Audensi Bersama Kapolrestabes Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Ditengah maraknya telah beredar video aktivitas THM W Superclub yang sempat beroperasi dimalam tasyrik (hari...

Soal Pemberitaan Ustadz di Makassar Diculik, Amran Hamdy, SH, MM : Itu Fitnah dan Bohong Belaka

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Soal pemberitaan di sejumlah media online yang mengabarkan tentang adanya seorang pria bernama Jabal Nur...