spot_img

Akan Mengganggu Roda Pemerintahan, Bupati ASA Tak Setuju Rencama Honorer Dihapus

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) akan menghapus tenaga honorer di lingkungan pemerintahan mulai November 2023 mendatang.

Terkait adanya wacana penghapusan tersebut, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) mengaku tidak setuju dengan adanya rencana pemerintah pusat yang bakal melakukan penghapusan tenaga honorer di lingkungan pemerintahan.

Menurutnya, jumlah pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Sinjai masih kurang. Sementara, ujung tombak pelayanan publik kepada masyarakat dilakukan tenaga honorer.

Disisi lain, jumlah ASN yang direkrut tiap tahun jumlahnya masih sangat sedikit dibandingkan dengan kebutuhan jumlah pegawai di lingkup Pemkab Sinjai.

Untuk itu, ia mengharapkan pemerintah pusat untuk melakukan kajian lebih mendalam dan menyesuaikan dengan kondisi riil di lapangan.

“Kami tdak setuju dengan rencana penghapusan tenaga non ASN atau sukarela. Saya khawatir jika ini diterapkan akan mengganggu jalannya pemerintahan sebab mereka memiliki kontribusi besar selama ini,” ucapnya, Ahad (04/09/2022).

Bupati ASA menilai penghapusan tenaga honorer akan berdampak besar bagi Kabupaten Sinjai, salah satunya di sektor pelayanan publik yang sebagain besar tenaga non SSN merupakan garda terdepan.

“Contohnya Satpol PP dan Satgas Damkar, hanpir seluruhnya yang bsrtugas di lapangan ini adalah non ASN. Demikian juga tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas dan Rumah Sakit dominan mereka masih non ASN sehingga jika semua ini dihapus akan sangat berdampak dalam pelayanan kepada masyarakat,” tegasnya.

Tidak hanya itu penghapusan ribuan tenaga non ASN juga akan berdampak besar bagi Kabupaten Sinjai sebab angka pengangguran akan meningkat.

Baca juga :  Wakapolres Gowa Pimpin Anev Bulanan Personel

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

BSI Regional Makassar Salurkan 80 Hewan Kurban Kepada Masyarakat

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Bank Syariah Indonesia Regional Makassar menyalurkan 80 hewan kurban pada masyarakat di momen Idul Adha...

Tuntutan JPU Terlalu Ringan Dalam Kasus Dugaan Penganiayaan, Cuma 2 Bulan Penjara

PEDOMANRAKYAT, SINJAI - Tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai terhadap tersangka kasus dugaan penganiayaan menuai...

Dharmasanti Waisak se-Sulselbar Tahun 2568BE / 2024M di Kota Parepare Berlangsung Sukses

PEDOMANRAKYAT, PAREPARE - Waisak adalah milik kita semua dan milik kita bersama. Esensi dari tiga peristiwa yang diperingati...

Lomba Sambung Lagu Adalah Contoh Kecil Bentuk Kerja Sama Saling Mendukung

" Lagu yang bagus harus mengangkat hatimu, menghangatkan jiwa, dan membuatmu merasa baik " - Colbie Caillat - PEDOMAN RAKYAT,...