spot_img

SMPN 2 Baranti Programkan Budaya Setor Sampah

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT.SIDRAP–Untuk mewujudkan Sekolah Bersinar, seluruh elemen harus bergerak, bergotong royong tanpa kecuali. Hal itu dilakukan Siswa dan Guru di SMP Neg 2 Baranti Kab Sidrap.

Intuk menuju Sekolah Bersinar (Bersih, Religius, Sehat, Indah, Nyaman, Aman dan Rindam) setiap hari melakukan pengut sampat/rumput di dalam area sekolah, termasuk di luar pagar.

Hal tersebut disampaikan Kepala SMP Neg 2 Baranti, Lukman,S.Pd dan M.Si via ponsel, Ahad, 4 September 2022.

Menurutnya, program Setor sampah, sebagai budaya bergerak bersama mewujudkan Sekolah Bersinar.

”Hal ini juga seiring program Profil Pelajar Pancasila. Bergerak bersama ini, tanpa terkecuali baik Kepsek, GTK (Guru dan Tenaga Pendidik) dan semua siswa wajib menyetor sampah setiap hari,” ujarnya..

Program ini, juga tidak lepas dari salah satu program Sekolah Penggerak. Tujuannya, menciptakan sekolah bersinar sesuai Visi-Misi Sekolah, ungkap Lukman.

Selain itu, Kepsek dan GTK melakukan budaya Penyemputan Siswa setiap hari di depan pintu masuk sekolah, dan saling bersalaman dan mengingatkan siswa untuk lebih giat belajar.

Untuk membina karakter siswa, setiap selesai upacara Senin, siswa jabat tangan semua guru. Tujuannya menjalin hubungan emosional yang baik antara siswa dengan guru, ungkap Lukman.

Sekolah Ini, masuk daftar Sekolah Penggerak Angkatan Pertama 2021. Jumlah siswa 350 orang, tenaga pengajar 32, kemudian 6 Guru Non PNS dan 10 Pegawai, jumlah kelas 13 Ruang Belajar, terang Lukman.

Di Sekolah ini kata Lukman, ada poyek Profil Pelajar Pancasila, diprogramkan 2022, Membaca dan Menghapal Al Qur’an Juz 30 , Serta Kelompok pengaji 30 Juzz. .Selanjutnya, Pertanian Holtikultura Sayur Mayur.

Baca juga :  Tali Pengikat Jembatan Gantung Putus, 9 Orang Jatuh ke Sungai, 1 Meninggal dan 1 Hilang 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Farouk M Beta: IKB PPSP Organisasi Luar Biasa, Panitia Haul Akbar Syekh Yusuf ke 325 Tahun Dibubarkan

PEDOMAN RAKYAT- MAKASSAR. Haul atau Tammu Taunna Syekh Yusuf Al-Makassari sudah dilaksanakan dua kali  (2023 dan 2024 )...

181 Guru di Enrekang Ikut Program PGP Angkatan 11

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG – Sebanyak 181 guru di Kabupaten Enrekang menjadi sasaran Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan...

Pemkab Enrekang Raih Penghargaan Anubhawa Sasana 2024 Dari Kemenkumham

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Penjabat Bupati Enrekang Dr. H. Baba, bersama Ketua DPRD Enrekang Idris Sadik, Kepala Rutan Enrekang...

Pj. Bupati Sinjai Ajak Semua Bersinergi Turunkan Prevalensi Stunting lewat Intervensi Serentak

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Sebagai upaya akselerasi pencapaian target penurunan stunting dan bentuk komitmen yang kuat untuk memastikan pendampingan,...