spot_img

Agama Sebagai Alat Kekuasaan?

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Malinowski dan Radcliffe-Brown, dalam eksperimennya mengatakan, agama mewariskan fungsi yang penting dalam masyarakat primitif, yaitu menopang tegaknya masyarakat dan mengoreksi perilaku individu. Politik merupakan salah satu yang disakralkan.

Untuk menopang tercapainya tujuan politik, agama merupakan alat untuk mencapai legitimasinya dan merupakan salah satu sarana yang digunakan dalam pertarungan politik, sebagaimana kajian dalam masyarakat primitif yang berasumsi bahwa kelas agamawan dan kelas penguasa memiliki hubungan erat dalam dinamikanya masing- masing. Otoritas politik memiliki hegemoni terhadap kesakralan sesuatu dan dapat menggunakannya demi kesuksesan, dalam keadaan apa pun.

Dalam menyatukan Qabilah Arab, Qushayi menjadikan agama sebagai alat (Khalil Abd Karim, 2022: 11) dan itu menghasilkan beberapa hal :

Pertama, ia memberikan pegangan kepada kabilah-kabilah Arab melalui syiar haji. Sebuah syiar yang diambil dari seluruh kabilah dengan berbagai bentuk patung yang disembahnya, kemudian sampai tingkat pentauhidan di bawah tangan penguasa.

Kedua, mengangkat syiar tersebut sebagai motivasi yang sangat efektif dan telah menundukkan jiwa di bawah tangan penguasa.

Upaya yang dilakukan Qushayi dengan menjadikan agama sebagai alat dalam melanggengkan kekuasaannya cukup berhasil dan sukses. Tidak heran, jika kemudian masyarakat menganggap Qushayi dan turunannya sebagai orang suci dan mereka menikmati gelar kesucian tersebut.

Kekuasaan Qushayi selama hidup dan sepeninggalnya bagaikan agama yang dianut. Masyarakat menaatinya, dan penempatan agama sebagai sebuah tradisi bagi orang-orang sesudahnya, kelak diikuti oleh anak dan cucunya dengan cerdik.

Baca juga :  Lahan Parkirannya Dipersoalkan, Pengelola Hutan Pinus Buntu Datu Angkat Bicara

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Obituari H.Masri Pulubuhu bin Armain, Kami Dipertemukan Lagi Saat Suksesi

Catatan M.Dahlan Abubakar KAMIS (20/6/2024) siang ini, Whatsapp Grup Dosen Unhas merilis berita duka. “Inna lillahi wainnaa ilaihi raaji'uu”n....

Oknum Caleg Terpilih di Pinrang, Penuhi Panggilan Polisi

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Oknum Calon Anggota Legislatif dari salah satu Partai di Pinrang yang terpilih pada Pemilu Legislatif...

Perkuat Pelayanan, Jamkrindo Resmikan Tiga Gedung Kantor Baru

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), pionir penjaminan kredit di Indonesia, berkomitmen untuk senantiasa menghadirkan pelayanan...

Euro 2024 : Jerman Tim Pertama ke Babak Kedua

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Tim tuan rumah Jerman memastikan diri sebagai tim pertama yang melaju ke babak kedua Grup...