spot_img

Ketua Pansus Fauzi Andi Wawo Pimpin Kunker Ke Perpunas RI

Bagikan:

Tanggal:

“Perda ini nantinya diharapkan dapat mengakomodir seluruh komponen masyarakat yang ada di kabupaten/kota dan di desa. Namun, di sisi lain kabupaten/kota juga memiliki kewenangan terkait dengan pembinaan Perpustakaan. Sehingga di perda ini nantinya bisa diperjelas mengenai ruang lingkup kewenangannya,” sambung Fauzi.

Kepala Perpustakaan Nasional RI Drs. Muhammad Syarif Bando, MM menyampaikan apresiasinya atas inisiasi ranperda penyelenggaraan perpustakaan yang dilakukan Pansus DPRD Provinsi Sulsel.

”Perpustakaan dituntut untuk mengambil peran utama dalam meningkatkan kemampuan literasi masyarakat. Dimana dapat mencetak sumber daya manusia unggul yang memiliki kemampuan adaptasi teknologi,”ujar Syarif yang juga salah satu putra terbaik Sulsel yang berkiprah di Pusat.

Lebih jauh dia menjelaskan, literasi yang dimaksud di sini bukan hanya pandai baca dan tulis, tetapi kedalaman pengetahuan seseorang terhadap suatu subjek ilmu pengetahuan tertentu yang dapat diimplementasikan dengan inovasi dan kreativitas untuk memproduksi barang dan jasa yang berkualitas tinggi dan dapat dipakai untuk memenangkan persaingan global.

“Konsep pengembangan perpustakaan yang relevan saat ini adalah transfer of knowledge sesuai arahan Bapak Presiden RI Joko Widodo untuk meningkatkan transformasi digital perpustakaan untuk mempercepat terwujudnya manusia unggul, yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki kemampuan kreativitas dan inovasi yang tinggi untuk menciptakan lapangan kerja, mengurangi pengangguran dan meningkatkan income per kapita, serta menambah devisa negara untuk mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat,”pungkas Syarif Bando.

Di akhir pertemuan, foto bersama sekaligus melihat kondisi terkini Perpustakaan Nasional RI yang bukan hanya sebagai tempat koleksi buku, tetapi juga dilengkapi dengan fasilitas ruang teater, layanan audio visual, area budaya baca, data center, koleksi buku langka serta menjadi lokasi kantor Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia. (*av/rk)

Baca juga :  Polres Pelabuhan Makassar Kawal Pemantauan Harga Bahan Pokok dan Pasar Murah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Dua Terdakwa Kasus Kematian Virendy Ajukan Pembelaan, PH : Kegiatan Diksar Legal Karena Ada Izin Universitas

PEDOMANRAKYAT, MAROS - Muhammad Ibrahim Fauzi dan Farhan Tahir, dua terdakwa dalam kasus kematian Virendy Marjefy Wehantouw (19)...

Bubuhkan Tandatangan, TK Negeri X Sinjai Utara Deklarasikan Anti Bullying dan Kekerasan

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Di tengah puncak acara Peringatan Hari Anak Nasional ke 40 Tahun yang berlangsung di Halaman...

Gubernur Sulsel Buka Festival Budaya, Budaya Toraja Punya Dayatarik Luar Biasa

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA.- Dalam peringatan HUT Kab.Toraja Utara ke-16 Pemerintah Daerah Menggelar Festival Seni dan Budaya 2024 yang...

Bersama Isteri, Pj. Bupati T.R. Fahsul Falah Hadiri Kemeriahan Peringatan Hari Anak Nasional di Sinjai

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Dalam rangka memeriahkan Hari Anak Nasional Ke 40 Tahun 2024, Dinas Pemberdayaan Peremouan, Perlindungan Anak,...