spot_img

Latihan Dasar Kepenulisan IIWA Mbojo Unhas

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Ikatan Mahasiswa Mbojo Universitas Hasanuddin (IWA MBOJO UNHAS), Sabtu (03/09/2022) melaksanakan kegiatan pelatihan kepenulisan yang dipantik oleh Penulis Kumpulan Puisi Rumah Tuhan, Ipa Bahya, SS. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan Ngobrol Perkara Isu (NGOPI) Bincang-Bincang Proses Kreatif Kepenulisan yang berlangsung di Pelataran Gedung Ipteks yang dihadiri oleh puluhan Mahasiswa Bima-Dompu Nusa Tenggara Barat yang kuliah di Makassar beberapa waktu lalu.

Pelatihan ini dilakukan guna meningkatkan pengetahuan dan minat mahasiswa dalam dunia sastra khususnya pada karya puisi. Pemantik, Ipa Bahya memberikan kiat-kiat dalam menulis puisi, memberikan pemahaman yang lebih detail mengetahui puisi terkhusus puisi sebagai ungkapan perasaan pengarang tentang kehidupan universal.

Selain itu, wanita yang telah menyelesaikan studi S-1 Sastra Indonesia ini memberikan motivasi kepada seluruh peserta agar tetap giat menulis, menulis tentang apapun termasuk puisi. Puisi memiliki nilai yang sangat estetik bahkan banyak pengarang menuangkan pikiran dalam puisi yang dihadirkan nya.

Dalam pelatihan itu, pemantik memperkenalkan jenis-jenis puisi, ciri-ciri puisi, kerangka puisi, cara menulis puisi, dan cara menyampaikan puisi.

“Ada hal yang paling penting dalam tubuh puisi, yaitu puisi memiliki pesan yang dapat diinterpretasikan sesuai keinginan pembaca,” wanita pegiat literasi bermata cokelat ini berkata.

Dia mengatakan, hal yang paling penting dalam menulis adalah banyak membaca karya-karya yang sudah ada, terlebih seperti karya puisi Sapardi Djoko Damono, Joko Pinurbo, Chairil Anwar, Wiji Tukul, dll. (MDA)

Baca juga :  Tingkatkan Silaturahmi, Pangdam XVI/Hsn Sambut Kedatangan Danpussenarhanud

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

BSI Regional Makassar Salurkan 80 Hewan Kurban Kepada Masyarakat

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Bank Syariah Indonesia Regional Makassar menyalurkan 80 hewan kurban pada masyarakat di momen Idul Adha...

Tuntutan JPU Terlalu Ringan Dalam Kasus Dugaan Penganiayaan, Cuma 2 Bulan Penjara

PEDOMANRAKYAT, SINJAI - Tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai terhadap tersangka kasus dugaan penganiayaan menuai...

Dharmasanti Waisak se-Sulselbar Tahun 2568BE / 2024M di Kota Parepare Berlangsung Sukses

PEDOMANRAKYAT, PAREPARE - Waisak adalah milik kita semua dan milik kita bersama. Esensi dari tiga peristiwa yang diperingati...

Sedang Tunaikan Ibadah Haji, Sujud Syukur Sekda Takalar Atas Kelulusan Muh Irsyaad di FK Unhas

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Semua orang tua menginginkan yang terbaik buat pendidikan anak-anaknya ketika mengenyam pendidikan di perguruan tinggi...