spot_img

Keragaman Dan Konflik

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Allah SWT berfirman dalam QS 5: 48, “Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah dalam berbuat kebaikan.”

Ayat di atas menegaskan, dikarenakan pilihan Allah SWT maka keragaman merupakan sesuatu di luar usaha manusia. Tarikh Ramadan mengemukakan, “Manajemen perbedaan yang ada merupakan tantangan yang harus diselesaikan seperti halnya menyelesaikan ketegangan batin seseorang.”

Dalam Islam, kemuliaan seseorang berdasarkan perbuatan dan prestasi yang dilakukannya, sehingga manusia dituntut senantiasa berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan.

Keragaman merupakan kelebihan yang dimiliki oleh manusia. Mungkin agak naif bila tidak dikaitkan dengan realitas konflik yang terjadi. Terhadap konflik, Alquran mengajarkan kepada umat Islam pentingnya harmonisasi dan keadilan di antara umat manusia, QS 2: 251.

Tarikh Ramadan menegaskan, “Keragaman dan konflik merupakan sifat yang inheren bagi makhluk manusia. Manusia menghadapi tantangan dari sifat kemanusiaannya sendiri, bukan penolakannya terhadap pluralisme dan keragaman.”

Tugas tiap individu selanjutnya adalah mengatur pluralisme dan keragaman yang sudah merupakan hukum alam (sunnatullah), sebagaimana termaktub dalam QS, al-Hujurat: 13. Kesadaran manusia harus dilandasi oleh prinsip-prinsip keadilan dan moral, yang menjadi pegangan dalam membela hak setiap komunitas dan individu, sebagaimana yang termaktub dalam QS 22: 40.

QS 22: 40, menegaskan, bahwasanya Allah SWT mendahulukan gereja kaum Nasrani, sinagoge kaum Yahudi ketimbang masjid. Hal tersebut menunjukkan bahwasanya keberadaan kaum Nasrani dan Yahudi tidak dapat diganggu gugat, dan pada saat bersamaan kaum Muslim, diperintahkan untuk menghormati penganut agama yang berbeda. QS 10: 99.

Baca juga :  Bupati Pinrang Minta Dukungan Pemprov Sulsel Terkait Bencana Akibat Cuaca Buruk di Pinrang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

BSI Regional Makassar Salurkan 80 Hewan Kurban Kepada Masyarakat

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Bank Syariah Indonesia Regional Makassar menyalurkan 80 hewan kurban pada masyarakat di momen Idul Adha...

Tuntutan JPU Terlalu Ringan Dalam Kasus Dugaan Penganiayaan, Cuma 2 Bulan Penjara

PEDOMANRAKYAT, SINJAI - Tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai terhadap tersangka kasus dugaan penganiayaan menuai...

Dharmasanti Waisak se-Sulselbar Tahun 2568BE / 2024M di Kota Parepare Berlangsung Sukses

PEDOMANRAKYAT, PAREPARE - Waisak adalah milik kita semua dan milik kita bersama. Esensi dari tiga peristiwa yang diperingati...

Sedang Tunaikan Ibadah Haji, Sujud Syukur Sekda Takalar Atas Kelulusan Muh Irsyaad di FK Unhas

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Semua orang tua menginginkan yang terbaik buat pendidikan anak-anaknya ketika mengenyam pendidikan di perguruan tinggi...