spot_img

Keragaman Dan Konflik

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Allah SWT berfirman dalam QS 5: 48, “Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah dalam berbuat kebaikan.”

Ayat di atas menegaskan, dikarenakan pilihan Allah SWT maka keragaman merupakan sesuatu di luar usaha manusia. Tarikh Ramadan mengemukakan, “Manajemen perbedaan yang ada merupakan tantangan yang harus diselesaikan seperti halnya menyelesaikan ketegangan batin seseorang.”

Dalam Islam, kemuliaan seseorang berdasarkan perbuatan dan prestasi yang dilakukannya, sehingga manusia dituntut senantiasa berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan.

Keragaman merupakan kelebihan yang dimiliki oleh manusia. Mungkin agak naif bila tidak dikaitkan dengan realitas konflik yang terjadi. Terhadap konflik, Alquran mengajarkan kepada umat Islam pentingnya harmonisasi dan keadilan di antara umat manusia, QS 2: 251.

Tarikh Ramadan menegaskan, “Keragaman dan konflik merupakan sifat yang inheren bagi makhluk manusia. Manusia menghadapi tantangan dari sifat kemanusiaannya sendiri, bukan penolakannya terhadap pluralisme dan keragaman.”

Tugas tiap individu selanjutnya adalah mengatur pluralisme dan keragaman yang sudah merupakan hukum alam (sunnatullah), sebagaimana termaktub dalam QS, al-Hujurat: 13. Kesadaran manusia harus dilandasi oleh prinsip-prinsip keadilan dan moral, yang menjadi pegangan dalam membela hak setiap komunitas dan individu, sebagaimana yang termaktub dalam QS 22: 40.

QS 22: 40, menegaskan, bahwasanya Allah SWT mendahulukan gereja kaum Nasrani, sinagoge kaum Yahudi ketimbang masjid. Hal tersebut menunjukkan bahwasanya keberadaan kaum Nasrani dan Yahudi tidak dapat diganggu gugat, dan pada saat bersamaan kaum Muslim, diperintahkan untuk menghormati penganut agama yang berbeda. QS 10: 99.

Baca juga :  Bantuan CSR PT Malea Dirasakan Manfaatnya Oleh Masyarakat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Upaya Disdik Sinjai Realisasikan Program ‘Sinjai Bebas Paket A’

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Salah satu program unggulan Penjabat Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah di bidang pendidikan adalah Sinjai...

Sukses, Pesawat TNI AU Kirim Bantuan Logistik Untuk Warga Palestina, Termasuk Bantuan Enrekang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Bantuan logistik bagi warga Palestina terus mengalir, dan kali ini dengan metode yang cukup spektakuler,...

Ribuan Siswa SMP di Sinjai Akan Ikuti Ujian Sekolah Gunakan Chromebook

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Ribuan pelajar kelas IX tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Sinjai pada pekan depan...

PJ Bupati Enrekang Pantau Pemberian Vaksinasi Meningitis Kepada 196 CJH

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Sebanyak 196 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Enrekang menerima vaksinasi Meningitis kamis (18/04/2024). Pemberian vaksinasi...