Baru 2 Desa Di Kecamatan Sabbang Lutra Gelar Musrembangdes

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MASAMBA – Desa Salama’, Kecamatan Sabbang, Kabupaten Luwu Utara menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) untuk menyusun Rencana Program Jangka Menengah (RPJM) Desa periode 2022-2028.

Musrenbangdes yang berlangsung, di Aula Kantor Desa SalamaSelasa (6/9/2022), itu untuk memenuhi amanat Permendagri No 114 Tahun 2015, tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Permendes PDTT No 21 tahun 2020, tentang Pedoman umum Pembangunan Desa & Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) Kecamatan Sabbang, Erniwati, kepada media ini mengatakan, hingga saat ini, baru dua desa di Kecamatan Sabbang yang menggelar Musremnbangdes tahun 2022, yakni, Desa Salama dan Desa Tandung.

Erniwati mengatakan, dalam penyusunan dokumen RPJMDes mayoritas sudah sampai atau masuk pada tahapan Musrembang Desa.

Musrembang Desa menurut Erni adalah salah satu tahapan penting dalam penyusunan dokumen RPJM Desa karena melalui Musrembang Desa, seluruh program yang lahir dari usulan masyarakat di tahapan Musyawarah Dusun (Musdus).

“Pokok-Pokok pikiran BPD dan hasil jaring aspirasi yang dilakukan oleh BPD akan dibahas bersama masyarakat dan akan di skoring kesesuaiannya terhadap kriteria prioritas kegiatan dan melahirkan perengkingan program atau kegiatan,” katanya.

Skoring kesesuaian program, lanjut Erniwati, meliputi lima kriteria yakni: kesesuaian kewenangan desa; kesesuaian kegiatan dengan status perkembangan desa; pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, ketersediaan sumber daya lokal desa, dan kesesuaian aspek prioritas berdasarkan keberlanjutan.

“Alhamdulillah, hari ini, kami bisa hadir mendampingi dan memfasilitasi pemerintah desa dan tim penyusun RPJM Desa Salama dalam melakukan Musrembang, katanya.

Baca juga :  Rektor UMI Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid dan Asrama Ponpes Binaan di Lutim

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Brimob Bone Peringati Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

PEDOMANRAKYAT, WATAMPONE- Personel Brimob Bone menggelar upacara Hari Kesaktian Pancasila secara virtual  di Aula Mako Batalyon C Pelopor Jalan...

Pangdam Pimpin Kenaikan Pangkat 154 Prajurit dan PNS Jajaran Kodam Hasanuddin

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, SIP, S.Sos, M.Tr(Han), memimpin acara laporan korps...

Wali Kota Makassar Ajak Warganya Mengenal Alutsista TNI

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mendampingi Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok...

Wakil Wali Kota Makassar Berbagi Cerita dengan Anak Korban Kebakaran Rappokalling

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR - Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, memberikan semangat bagi anak-anak korban kebakaran Rappokalling yang...