spot_img

Baru 2 Desa Di Kecamatan Sabbang Lutra Gelar Musrembangdes

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MASAMBA – Desa Salama’, Kecamatan Sabbang, Kabupaten Luwu Utara menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) untuk menyusun Rencana Program Jangka Menengah (RPJM) Desa periode 2022-2028.

Musrenbangdes yang berlangsung, di Aula Kantor Desa SalamaSelasa (6/9/2022), itu untuk memenuhi amanat Permendagri No 114 Tahun 2015, tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Permendes PDTT No 21 tahun 2020, tentang Pedoman umum Pembangunan Desa & Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) Kecamatan Sabbang, Erniwati, kepada media ini mengatakan, hingga saat ini, baru dua desa di Kecamatan Sabbang yang menggelar Musremnbangdes tahun 2022, yakni, Desa Salama dan Desa Tandung.

Erniwati mengatakan, dalam penyusunan dokumen RPJMDes mayoritas sudah sampai atau masuk pada tahapan Musrembang Desa.

Musrembang Desa menurut Erni adalah salah satu tahapan penting dalam penyusunan dokumen RPJM Desa karena melalui Musrembang Desa, seluruh program yang lahir dari usulan masyarakat di tahapan Musyawarah Dusun (Musdus).

“Pokok-Pokok pikiran BPD dan hasil jaring aspirasi yang dilakukan oleh BPD akan dibahas bersama masyarakat dan akan di skoring kesesuaiannya terhadap kriteria prioritas kegiatan dan melahirkan perengkingan program atau kegiatan,” katanya.

Skoring kesesuaian program, lanjut Erniwati, meliputi lima kriteria yakni: kesesuaian kewenangan desa; kesesuaian kegiatan dengan status perkembangan desa; pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, ketersediaan sumber daya lokal desa, dan kesesuaian aspek prioritas berdasarkan keberlanjutan.

“Alhamdulillah, hari ini, kami bisa hadir mendampingi dan memfasilitasi pemerintah desa dan tim penyusun RPJM Desa Salama dalam melakukan Musrembang, katanya.

Baca juga :  Tim FC Angkatan 86 Raih Juara 1, Pj Walikota Batu Tutup Liga Mini Soccer IKA SMANSA Makassar Seri 3

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

BSI Regional Makassar Salurkan 80 Hewan Kurban Kepada Masyarakat

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Bank Syariah Indonesia Regional Makassar menyalurkan 80 hewan kurban pada masyarakat di momen Idul Adha...

Tuntutan JPU Terlalu Ringan Dalam Kasus Dugaan Penganiayaan, Cuma 2 Bulan Penjara

PEDOMANRAKYAT, SINJAI - Tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai terhadap tersangka kasus dugaan penganiayaan menuai...

Dharmasanti Waisak se-Sulselbar Tahun 2568BE / 2024M di Kota Parepare Berlangsung Sukses

PEDOMANRAKYAT, PAREPARE - Waisak adalah milik kita semua dan milik kita bersama. Esensi dari tiga peristiwa yang diperingati...

Lomba Sambung Lagu Adalah Contoh Kecil Bentuk Kerja Sama Saling Mendukung

" Lagu yang bagus harus mengangkat hatimu, menghangatkan jiwa, dan membuatmu merasa baik " - Colbie Caillat - PEDOMAN RAKYAT,...