spot_img

Desa Barania Jalani Peniian ADWI, Tim Penilai Kagumi Pesona Keindahan Kampung Galung

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI – Desa Wisata Barania, Kecamatan Sinjai Barat kini menjalani penilaian atau visitasi sebagai peserta 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), Rabu (07/09/2022).

Visitasi yang dilakukan oleh tim penilai dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) ini mengunjungi beberapa titik lokasi di Desa Barania untuk menilai 7 kategori.

Diantaranya daya tarik pengunjung, home stay, souvenir, digital dan kreatif, toilet umum, kelembagaan desa wisata, dan kategori Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability (CHSE).

Salah satu penilai saat ditemui, Agus Wiyono mengatakan mengaku kagum dengan keindahan wisata alam di Desa Barania.

“Selain kuat dengan daya tariknya, desa wisata Barania juga sangat menantang,” ujarnya.

Disamping itu kata Agus, daya tarik wisata di Barania didukung dengan fasilitas yang memadai, seperti homestay dan fasilitas pendukung lainnya.

“Desa wisata itu wajib didukung dengan ketersediaan homestay. Di sini, homestay-nya sudah memenuhi standar kriteria,” tambahnya.

Agus juga mengapresiasi keragaman produk dari para pelaku usaha, seperti kuliner, makanan khas, serta kerajinan tangan atau produk kriya yang dihasilkan.

“Produknya sangat banyak dan beragam, tinggal diperkuat lagi nilai jualnya,” tandasnya.

Penilaian ADWI yang berlangsung sejak pagi hingga sore hari, sebelumnya telah dilakukan persiapan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai bersama Pemerintah Desa Barania.

“Hari ini Desa Wisata Barania sudah menjalani penilaian ADWI. Sejumlah persiapan telah kita lakukan, dan semua organisasi perangkat daerah (OPD) ikut terlibat langsung di dalamnya. Kita berharap hasilnya bisa maksimal,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sinjai, Yuhadi Samad.

Baca juga :  Penyelenggaraan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1443 H, Ini Ketentuannya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suatu Hari dengan Tanri Abeng, Manajer Profesional Pertama Indonesia

Oleh: M.Dahlan Abubakar Ahad (23/6/20224) kita dikagetkan dengan berita duka, Tanri Abeng, berpulang ke rakhmatullah pada pukul 02.36 di...

321 Mahasiswa dari 194 Perguruan Tinggi Kunjungi Enrekang dalam Program PMM

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, SE., MM., menerima kunjungan dan sekaligus menjadi narasumber dalam...

Sekdisdik Wajo Buka Lokakarya CGP Angkatan 11 Tahun 2024

PEDOMANRAKYAT, SENGKANG WAJO – Sekretaris Dinas Pendidikan, Sekdisdik Wajo buka lokakarya CGP Angkatan 11 tahun 2024 di Aula...

Prof Naidah Naing Raih Penghargaan Dosen Peneliti Terbaik 2024

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia (UMI) khususnya Program Studi Arsitektur, patut berbangga karena, guru besarnya...