spot_img

Menikmati Kehidupan Sebagai Manusia

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Selaku makhluk sosial, manusia senantiasa dituntut untuk bertanggungjawab  kepada sesama umat manusia, dan terlebih lagi kepada penciptanya, Allah SWT. Tarik Ramadan mengemukakan, “Untuk membangun sebuah masyarakat membutuhkan seseorang yang memiliki spesifikasi konsep individual yang membentuk masyarakat.”

Islam, bahkan seluruh agama di dunia sangat menekankan tiga prinsip dasar, kebenaran dan transparansi, moral dan prioritas nilai, serta imperatif penghargaan terhadap orang dan norma keseimbangan.

Setiap individu berupaya untuk tetap hidup, mencari nafkah, dan memperhatikan aspek kemanusiaannya; senantiasa berupaya menambah ilmu pengetahuan agar dapat menemukan kebenaran; menguatkan nilai yang dianutnya untuk mendapatkan kebaikan, mendengar dan berpartisipasi agar memiliki rasa hormat yang lebih baik.

Allah SWT dan Rasulullah SAW senantiasa mengajak kita senantiasa meningkatkan potensi diri, sembari menghormati dan menghargai orang lain. Sebuah masyarakat, tidak mungkin dapat terbangun dengan baik, tanpa dimulai dari individu yang memiliki rasa tanggungjawab untuk memperbaiki sesamanya. QS 13: 11.

Perubahan dari individu yang mementingkan diri sendiri menjadi pluralisme individu-individu hanya dapat terwujud mana kala memperhatikan hal tersebut. Dimensi sosial memiliki makna jika lahir dari kesadaran manusia. Seseorang yang beriman, harus memperhatikan secara seimbang antara kepentingan akhirat dengan kepentingan duniawi QS 28: 77.

Ayat di atas menegaskan, agar masyarakat mengingatkan tiap individu yang ada di dalamnya untuk tidak mengabaikan kebahagiaannya di dunia ini. Masyarakat harus dilihat dalam pengertian fungsinya bagi individu dan mendorong agar setiap individu dapat menikmati kehidupannya sebagai manusia.

Baca juga :  Kaleidoskop Polda Sulsel 2023, Irjen Andi Rian Paparkan Capaian Masing-Masing Satker

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Hari Pertama Kerja, MPP Sinjai Mulai Ramai Pengunjung

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Aktivitas Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Sinjai terlihat kembali aktif pascalibur Lebaran 1445 Hijriah, Selasa...

Warga Perantau Serbu Kue Khas Sinjai “Poto-poto”

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Libur lebaran idul fitri 1445 hijriyah, toko oleh-oleh khas Sinjai diserbu oleh warga. Mereka kebanyakan...

Pj Bupati Dr. Baba, Buka Pesta Rakyat, Halal Bi Halal dan Porseni di Enrekang Utara

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, dengan penuh kebanggaan, membuka pentas masyarakat, yaitu Pesta Rakyat,...

Disambut Hangat Pj Gubernur dan Kapolda Sulsel, Pj Bupati Enrekang Bangga Hadiri Dua Open House

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, SE. MM, serta Pj Ketua TP-PKK Enrekang, Siti Rabiah...