spot_img

Dukung Pemekaran Toraja Barat, Ribuan Masyarakat Hadiri Deklarasi

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SALUPUTTI – Deklarasi dan Rapat akbar Pemekaran terbentuknya Daerah Otomi Baru (DOB) dihadiri ribuan warga dari 11 kecamatan di Toraja bagian Barat, Jumat (09/09/2022) di halaman Kantor Kecamatan Ulusalu, Kabupaten Tana Toraja.

Rapat akbar dipimpin Ketua Panitia, Y. S. Tandirerung, didampingi Ketua Harian, Welem Sambolangi, dan Sekretaris, Marannu Romba Sombolinggi, serta ikut hadir pula Kejari Tana Toraja, Erianto L. Paundanan, SH, Wakapolres, Kompol Yulius L. Palayukan, anggota DPRD Provinsi Sulsel, John Rende Mangontan (JRM), Dan Pongtasik, dan anggota DPRD Tana Toraja.

Dalam rapat akbar disepakati 4 keputusan, salah satunya menetapkan segitiga emas untuk menentukan ibu kota Kabupaten Toraja Barat (Tobar), yaitu Balalambe, perbatasan Kecamatan Malimbong Balepe, Saluputti, dan Rembon, yang akan dijadikan perkantoran dengan seluas 30 ha.

Sebelumnya juga dikatakan Ketua Harian, Welem Sambolangi, Toraja Barat (Tobar) siap mekar dan bukan memisahkan diri dari Tana Toraja, melainkan optimalkan pengelolaan potensi daerah, dan akan maksimalkan pelayanan prima.

Kata Welem, hadirnya DOB Tobar mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga melalui pemekaran pemerataan pembangunan antar wilayah segera diwujudkan.

Dukungan dari Diaspora dan tokoh masyarakat cukup luar biasa, Pemda Tana Toraja, dan DPRD Tana Toraja, sangat merespon akan pemekaran sehingga panitia kerja maksimal wujudkan impian.

“Perjuangan Toraja Barat untuk mekar sudah 19 tahun lamanya diperjuangkan, kita berharap nantinya wujudkan masyarakat sejahtera mekar menjadi solusi sesuai harapan,” harap Welem. (man-ainul)

Baca juga :  Keanggotaan Perpustakaan Daerah Sinjai Tercatat Ribuan Orang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

BSI Regional Makassar Salurkan 80 Hewan Kurban Kepada Masyarakat

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Bank Syariah Indonesia Regional Makassar menyalurkan 80 hewan kurban pada masyarakat di momen Idul Adha...

Tuntutan JPU Terlalu Ringan Dalam Kasus Dugaan Penganiayaan, Cuma 2 Bulan Penjara

PEDOMANRAKYAT, SINJAI - Tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai terhadap tersangka kasus dugaan penganiayaan menuai...

Dharmasanti Waisak se-Sulselbar Tahun 2568BE / 2024M di Kota Parepare Berlangsung Sukses

PEDOMANRAKYAT, PAREPARE - Waisak adalah milik kita semua dan milik kita bersama. Esensi dari tiga peristiwa yang diperingati...

Lomba Sambung Lagu Adalah Contoh Kecil Bentuk Kerja Sama Saling Mendukung

" Lagu yang bagus harus mengangkat hatimu, menghangatkan jiwa, dan membuatmu merasa baik " - Colbie Caillat - PEDOMAN RAKYAT,...