Kualitas Lebih Penting Daripada Kuantitas

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Alquran memuat banyak kisah dan peristiwa masa lalu, agar manusia dapat mengambil pelajaran dari kisah- kisah tersebut. QS: 20: 99, menuturkan, “Demikianlah kami (Allah SWT) kisahkan kepadamu (Muhammad SAW) berbagai keterangan masa yang telah lalu; sungguh Kami telah berikan kepadamu peringatan dari sisi Kami.”

Salah satu kisah masa lalu ialah, kisah tentang Dawud dan Jalut. Kisah Dawud, yang meneruskan misi Nabi Musa AS yang belum selesai untuk membebaskan Bani Israil dari penindasan Fir’aun dan membawa mereka ke tanah yang dijanjikan, yaitu Palestina Selatan.

Dawud yang memiliki jumlah tentara yang lebih sedikit, mampu mengalahkan tentara Jalut, yang jumlahnya lebih banyak, QS. 2: 251. Berkaitan dengan hal tersebut, Alquran mengingatkan, “Betapa seringnya suatu kelompok yang kecil mengalahkan kelompok yang besar dengan perkenan Allah SWT dan Allah SWT beserta mereka yang sabar.” QS 2: 251.

Jika direnungkan lebih lanjut, Dawud mengalahkan Jalut itu tidak saja merupakan kisah kebenaran mengalahkan kepalsuan, tetapi juga kisah kualitas mengalahkan kuantitas dan kisah kesabaran atau semangat yang tinggi mengalahkan kesemrawutan dan semangat yang rendah.

Segi ini tercermin dalam kisah Thalut, salah seorang komandan pasukan Dawud, yang mendidik tentaranya berdisiplin dengan tidak mengizinkan mereka meminum air dari Sungai Yordan yang mereka seberangi kecuali seperlunya saja, betapapun rasa haus yang mereka rasakan.

Ini dapat berarti banyak hal. Di antaranya, disiplin kelompok dalam bentuk ketaatan dan kepercayaan kepada pimpinan, lebih-lebih jika pimpinan itu dari kalangan mereka sendiri dan dipandang mampu melaksanakan tugas kepemimpinannya dengan benar.

Baca juga :  Peringati HUT Ke-692 Bone, Bupati Fahsar Paparkan Capaian Pemerintahannya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pesan Kebenaran Musa AS Kepada Firaun

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar Alquran Firaun seorang raja Mesir kuno sebagai lambang kejahatan yang...

Wali Kota Makassar Hadiri Muskerwil PPP Sulsel

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menghadiri Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) yang digelar...

Hasil Panen Perdana Padi di Kelompok Tani Sipakainga I Berhasil Capai 12 Ton/Ha

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Hasil panen perdana di Kelompok Tani Sipakainga I, Kelurahan Sipatokkong, Kecamatan Watang Sawitto untuk musim...

Polres Bone Proses Pungutan K3S Disdik Kecamatan

PEDOMANRAKYAT, WATAMPONE - Polres Bone sementara menangani dugaan pungutan penerimaan Surat Perintah Melaksanakan Tugas (SPMT) guru yang dilakukan oleh...