spot_img

Kualitas Lebih Penting Daripada Kuantitas

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Alquran memuat banyak kisah dan peristiwa masa lalu, agar manusia dapat mengambil pelajaran dari kisah- kisah tersebut. QS: 20: 99, menuturkan, “Demikianlah kami (Allah SWT) kisahkan kepadamu (Muhammad SAW) berbagai keterangan masa yang telah lalu; sungguh Kami telah berikan kepadamu peringatan dari sisi Kami.”

Salah satu kisah masa lalu ialah, kisah tentang Dawud dan Jalut. Kisah Dawud, yang meneruskan misi Nabi Musa AS yang belum selesai untuk membebaskan Bani Israil dari penindasan Fir’aun dan membawa mereka ke tanah yang dijanjikan, yaitu Palestina Selatan.

Dawud yang memiliki jumlah tentara yang lebih sedikit, mampu mengalahkan tentara Jalut, yang jumlahnya lebih banyak, QS. 2: 251. Berkaitan dengan hal tersebut, Alquran mengingatkan, “Betapa seringnya suatu kelompok yang kecil mengalahkan kelompok yang besar dengan perkenan Allah SWT dan Allah SWT beserta mereka yang sabar.” QS 2: 251.

Jika direnungkan lebih lanjut, Dawud mengalahkan Jalut itu tidak saja merupakan kisah kebenaran mengalahkan kepalsuan, tetapi juga kisah kualitas mengalahkan kuantitas dan kisah kesabaran atau semangat yang tinggi mengalahkan kesemrawutan dan semangat yang rendah.

Segi ini tercermin dalam kisah Thalut, salah seorang komandan pasukan Dawud, yang mendidik tentaranya berdisiplin dengan tidak mengizinkan mereka meminum air dari Sungai Yordan yang mereka seberangi kecuali seperlunya saja, betapapun rasa haus yang mereka rasakan.

Ini dapat berarti banyak hal. Di antaranya, disiplin kelompok dalam bentuk ketaatan dan kepercayaan kepada pimpinan, lebih-lebih jika pimpinan itu dari kalangan mereka sendiri dan dipandang mampu melaksanakan tugas kepemimpinannya dengan benar.

Baca juga :  GGC KTI Deklarasikan Dukungan ke Anies Baswedan Sebagai Capres 2024-2029

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Yayasan Tamalatea Makassar Selenggarakan Sholat Idul Adha Berjamaah

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Yayasan Tamalatea Makassar dengan penuh suka cita menyelenggarakan perayaan Sholat Idul Adha 1445 H pada...

BSI Regional Makassar Salurkan 80 Hewan Kurban Kepada Masyarakat

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Bank Syariah Indonesia Regional Makassar menyalurkan 80 hewan kurban pada masyarakat di momen Idul Adha...

Tuntutan JPU Terlalu Ringan Dalam Kasus Dugaan Penganiayaan, Cuma 2 Bulan Penjara

PEDOMANRAKYAT, SINJAI - Tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai terhadap tersangka kasus dugaan penganiayaan menuai...

Dharmasanti Waisak se-Sulselbar Tahun 2568BE / 2024M di Kota Parepare Berlangsung Sukses

PEDOMANRAKYAT, PAREPARE - Waisak adalah milik kita semua dan milik kita bersama. Esensi dari tiga peristiwa yang diperingati...