spot_img

Prof. Andis: Program MBKM Cetak Lulusan Yang Siap Hadapi Di Era Digitalisasi

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, PALU. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bertujuan mendorong mahasiswa, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta, untuk mencoba banyak hal di luar dari pendidikan formal agar menjadi lulusan yang siap menghadapi tantangan di era digitalisasi.

Hal ini disampaikan Wakil Rektor II Unismuh Makassar, Prof. Dr. Andi Sukri Syamsuri, M.Hum, saat tampil menjadi nara sumber utama pada Seminar Nasional, Implementasi Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra, secara daring.

Seminar ini diselenggarakan Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni FKIP Universitas Tadulako, Sabtu 10 September 2022 di Swiss Bell Hotel Palu.

Dijelaskan, program MBKM ini bertujuan meningkatkan kompetensi lulusan, baik dari segi soft skills maupun hard skills agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman.

“Program experiential learning sebagai bagian dari Merdeka Belajar dengan jalur yang fleksibel diharapkan akan dapat memfasilitasi mahasiswa mengembangkan potensinya,” kata Guru Besar Ilmu Linguistik ini.

“Lewat program kampus merdeka ini menyiapkan lulusan yang siap untuk menghadapi tantangan dan dunia yang ada di depan mereka pada saat selesai menempuh studi,” imbuh Prof. Dr. Andis sapaan akrabnya.

Menurutmya, berbekal pengembangan soft skill dan hard skill yang didapatkan di perguruan tinggu ataupun di luar perguruan tinggi, baik berkaitan program studi yang dipilih ataupun di luar dari program studi.

Kemudian, katanya, peran bahasa dan sastra sebagai sistem simbolis terpenting dimiliki bangsa Indonesia merupakan “media komunikasi” yang digunakan baik secara formal maupun informal dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga :  Sukseskan Pemilu 2024, Bhabinkamtibmas Pattunuang Rutin Sambangi Warga Binaannya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suatu Hari dengan Tanri Abeng, Manajer Profesional Pertama Indonesia

Oleh: M.Dahlan Abubakar Ahad (23/6/20224) kita dikagetkan dengan berita duka, Tanri Abeng, berpulang ke rakhmatullah pada pukul 02.36 di...

321 Mahasiswa dari 194 Perguruan Tinggi Kunjungi Enrekang dalam Program PMM

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, SE., MM., menerima kunjungan dan sekaligus menjadi narasumber dalam...

Sekdisdik Wajo Buka Lokakarya CGP Angkatan 11 Tahun 2024

PEDOMANRAKYAT, SENGKANG WAJO – Sekretaris Dinas Pendidikan, Sekdisdik Wajo buka lokakarya CGP Angkatan 11 tahun 2024 di Aula...

Prof Naidah Naing Raih Penghargaan Dosen Peneliti Terbaik 2024

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia (UMI) khususnya Program Studi Arsitektur, patut berbangga karena, guru besarnya...