spot_img

Allah Maha Adil

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Manusia, sebaik-baik makhluk yang telah diciptakan oleh Allah SWT memiliki kebebasan dalam kehendak dan perbuatan. Manusia merupakan makhluk yang dinamis lagi aktif dan tidak pasif menyerahkan masa depannya kepada nasib dan perkembangan zaman.

Kebebasan dan dinamika manusia sesuai firman Allah SWT QS 40: 41, “Berbuatlah apa yang kamu kehendaki.”

Selanjutnya QS 18: 29, “Bagi siapa saja yang percaya, silahkan percaya, dan barangsiapa yang enggan untuk percaya, maka tidak usah percaya.”

QS 13: 11, “Sesungghunya Allah SWT tidak akan mengubah nasib suatu umat, kecuali mereka sendiri yang ingin merubahnya.”

Manusia dengan akal yang dianugerahi oleh Allah SWT dapat membedakan antara kebaikan dan kejahatan. Karena manusia diberi kebebasan, maka mereka boleh memilih antara kebaikan atau kejahatan, yang dengan pilihan tersebut manusia memiliki tanggungjawab moral atas perbuatannya.

Dalam etika, keadilan merupakan kebajikan tertinggi. Salah satu sifat Allah SWT adalah Maha Adil. Demi kemaha-adilanNya lah manusia diberi kebebasan berbuat baik atau jahat.

Kalau perbuatan manusia diwujudkan bukan atas kehendak bebas manusia, tetapi sebagai kehendak mutlak Allah SWT sebagaimana faham fatalisme, maka hal tersebut bertentangan dengan sifat Kemaha Adilan Allah SWT.

Tidaklah sesuai dengan paham keadilan, kalau manusia berbuat dosa atas kehendak Allah SWT kemudian ia dihukum oleh Allah SWT dengan dimasukkan ke dalam neraka atas dosa yang dilakukannya bukan atas kehendaknya.

Yang sejalan dengan keadilan ialah bahwa manusia berbuat dosa yang atas kehendak dan pilihannya sendiri dan kemudian atas dosa yang dikehendaki dan dipilihnya ini ia diberi hukuman oleh Allah SWT sesuai perbuatan yang telah dilakukannya.

Baca juga :  Dua Warga Pakala Ditemukan Meninggal di Sawah, Diduga Akibat Tersengat Aliran Listrik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

BSI Regional Makassar Salurkan 80 Hewan Kurban Kepada Masyarakat

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Bank Syariah Indonesia Regional Makassar menyalurkan 80 hewan kurban pada masyarakat di momen Idul Adha...

Tuntutan JPU Terlalu Ringan Dalam Kasus Dugaan Penganiayaan, Cuma 2 Bulan Penjara

PEDOMANRAKYAT, SINJAI - Tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai terhadap tersangka kasus dugaan penganiayaan menuai...

Dharmasanti Waisak se-Sulselbar Tahun 2568BE / 2024M di Kota Parepare Berlangsung Sukses

PEDOMANRAKYAT, PAREPARE - Waisak adalah milik kita semua dan milik kita bersama. Esensi dari tiga peristiwa yang diperingati...

Sedang Tunaikan Ibadah Haji, Sujud Syukur Sekda Takalar Atas Kelulusan Muh Irsyaad di FK Unhas

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Semua orang tua menginginkan yang terbaik buat pendidikan anak-anaknya ketika mengenyam pendidikan di perguruan tinggi...