spot_img

Allah Maha Adil

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Manusia, sebaik-baik makhluk yang telah diciptakan oleh Allah SWT memiliki kebebasan dalam kehendak dan perbuatan. Manusia merupakan makhluk yang dinamis lagi aktif dan tidak pasif menyerahkan masa depannya kepada nasib dan perkembangan zaman.

Kebebasan dan dinamika manusia sesuai firman Allah SWT QS 40: 41, “Berbuatlah apa yang kamu kehendaki.”

Selanjutnya QS 18: 29, “Bagi siapa saja yang percaya, silahkan percaya, dan barangsiapa yang enggan untuk percaya, maka tidak usah percaya.”

QS 13: 11, “Sesungghunya Allah SWT tidak akan mengubah nasib suatu umat, kecuali mereka sendiri yang ingin merubahnya.”

Manusia dengan akal yang dianugerahi oleh Allah SWT dapat membedakan antara kebaikan dan kejahatan. Karena manusia diberi kebebasan, maka mereka boleh memilih antara kebaikan atau kejahatan, yang dengan pilihan tersebut manusia memiliki tanggungjawab moral atas perbuatannya.

Dalam etika, keadilan merupakan kebajikan tertinggi. Salah satu sifat Allah SWT adalah Maha Adil. Demi kemaha-adilanNya lah manusia diberi kebebasan berbuat baik atau jahat.

Kalau perbuatan manusia diwujudkan bukan atas kehendak bebas manusia, tetapi sebagai kehendak mutlak Allah SWT sebagaimana faham fatalisme, maka hal tersebut bertentangan dengan sifat Kemaha Adilan Allah SWT.

Tidaklah sesuai dengan paham keadilan, kalau manusia berbuat dosa atas kehendak Allah SWT kemudian ia dihukum oleh Allah SWT dengan dimasukkan ke dalam neraka atas dosa yang dilakukannya bukan atas kehendaknya.

Yang sejalan dengan keadilan ialah bahwa manusia berbuat dosa yang atas kehendak dan pilihannya sendiri dan kemudian atas dosa yang dikehendaki dan dipilihnya ini ia diberi hukuman oleh Allah SWT sesuai perbuatan yang telah dilakukannya.

Baca juga :  'Killing The Champion' Buat Persija di Laga Tunda, Apakah Persib Bernasib Sama ?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pemkab Sinjai Adakan Ucapacara Hari Otonomi Daerah

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai menggelar upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024, Kamis (25/04/2024)...

Ribuan ASN Pinrang Hadiri Pelepasan Masa Jabatan Bupati – Wakil Bupati Pinrang

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Di tengah derasnya guyuran hujan, acara pelepasan masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Pinrang periode...

Nelayan Sinjai Diminta Tetap Waspada, Meski Tinggi Gelombang Normal

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Meski cuaca diwilayah daratan Kabupaten Sinjai mengalami perubahan yang ekstrem dengan curah hujan yang cukup...

Kapolres Enrekang Ungkap Operasi Narkoba, 3 Pohon Ganja Ditemukan

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG - Kepala kepolisian resor (Kapolres) Enrekang AKBP Dedi Surya Dharma, SH, S.IK, MM mendatangi TKP ditemukannya...