spot_img

Mahasiswa KKN Atmajaya Buat Papan Petunjuk Arah di Hutan Lumut Torut

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA –  Sebanyak 10 orang Mahasiswa Universitas Atmajaya Makassar yang tergabung dalam kelompok 3 angkatan 2019 sementara mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Sapan, Kecamatan Buntu Pepasan, Kabupaten Toraja Utara (Torut), Sulawesi Selatan.

Mahasiswa di lokasi KKN membuat banyak program kerja yang dirasakan langsung oleh masyarakat, yakni memasang papan petunjuk arah yang menghubungkan langsung kampung lainnya, dan membersihkan jalan-jalan menuju objek wisata, salahnya wisata Hutan Lumut.

Salah satu mahasiswa KKN Atmajaya, Hilary Gloria Salina kepada wartawan, Senin (12/09/2022) mengatakan, sebagai wujud kepedulian jalan ke objek wisata, maka mereka memasang papan petunjuk arah dan juga membersihkan di area objek wisata hutan lumut yang ada di Sapan.

“Kepedulian mahasiswa KKN karena di hutan lumut atau gunung pisa masih minim orang yang berani naik dan hanya warga sekitar, makanya kami berinisiatif untuk membuka akses dengan membersihkan ranting-ranting dan juga memasang papan petunjuk arah untuk mempermudah pengunjung, dengan ditemani beberapa warga sekitar,” beber Hilary.

Kata Hilary, kondisi jalan menuju hutan lumut cukup memprihatikan, ditempuh dengan berjalan kaki selama kurang lebih 4 jam lamanya, karena jalanan cukup terjal dan mendaki sehingga yang berani berkunjung ke hutan lumut tersebut cukup terbatas ditambah tidak ada papan petunjuk arah sehingga sering ada pengunjung yang tersesat. Dan menurut mitos bahwa hutan lumut atau gunung pisa tersebut tidak sembarang bisa masuk.

Ditambahkan Hilary, hutan lumut tersebut merupakan kekayaan alam Toraja Utara yang berpotensi untuk direkomendasi menjadi salah satu objek wisata andalan, namun sangat disayangkan kurang diperhatikan khususnya akses jalan ke lokasi yang menghabiskan waktu sampai berjam-jam. Disebutkannya bahwa mereka menghabiskan waktu 8 jam hanya untuk perjalanan (pulang/pergi) star dari Posko di Sapan.

Baca juga :  Maju Calon Hukum Tua, Vicky Worotitjan Bertekad Jadikan Kiawa Dua Sebagai Desa Anti Korupsi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Obituari H.Masri Pulubuhu bin Armain, Kami Dipertemukan Lagi Saat Suksesi

Catatan M.Dahlan Abubakar KAMIS (20/6/2024) siang ini, Whatsapp Grup Dosen Unhas merilis berita duka. “Inna lillahi wainnaa ilaihi raaji'uu”n....

Berdayakan Tunarungu Siswa SLB Negeri 1 Makassar, Mahasiswa Komunikasi Unismuh Lolos PKM PM Kemendikbud

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR. Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar berhasil lolos satu tim pada Program Kreatifitas Mahasiswa bidang...

Oknum Caleg Terpilih di Pinrang, Penuhi Panggilan Polisi

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Oknum Calon Anggota Legislatif dari salah satu Partai di Pinrang yang terpilih pada Pemilu Legislatif...

Perkuat Pelayanan, Jamkrindo Resmikan Tiga Gedung Kantor Baru

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), pionir penjaminan kredit di Indonesia, berkomitmen untuk senantiasa menghadirkan pelayanan...