Refleksi Hari Radio 2022, RRI Media Perangkai NKRI

Bagikan:

Tanggal:

Oleh M. Dahlan Abubakar (Tokoh Pers versi Dewan Pers)

TUJUH puluh tujuh tahun silam, sebulan setelah Nippon Hoso Kyokai (NHK) – Radio Jepang ditutup, 11 September 1945, Radio Republik Indonesia (RRI) resmi berdiri. Puluhan tahun menapaki kehadirannya, radio milik pemerintah ini terlibat sebagai radio perjuangan ketika terjadi revolusi fisik (1945-1949).

Hampir tiga dasawarsa yang lalu, saat pemerintah membuka kran terhadap pendirian sejumlah stasion TV swasta, tampak kegalauan teman-teman angkasawan radio. Mereka khawatir siaran radio, khususnya Radio Republik Indonesia Makassar kehilangan pendengar.

Kegelisahan ini tidak begitu tampak di kalangan para reporter media berita lain yang masih menganggap diri sebagai pemain tunggal di sektor penyiaran tanah air. Pasalnya, mereka sudah memiliki puluhan stasion penyiaran daerah yang tidak akan mungkin dapat diimbangi pendatang baru yang bermunculan.

Puncak kegalauan teman-teman RRI Makassar khususnya, akhirnya diwujudkan dengan menyelenggarakan diskusi panel di salah satu aula RRI Makssar. Prof. Dr. A. Muis, SH, pakar komunikasi dan kolomnis surat kabar harian nasional terkemuka di Indonesia didapuk sebagai narasumber.

Saya termasuk narasumber kedua, yang dianggap mewakili wartawan media cetak yang juga ketika itu mengisi salah satu acara di RRI Makassar yang diharapkan melihat dan meneropong eksistensi RRI di era persaingan media penyiaran yang akan berlangsung.

Prof. Muis, almarhum, menyampaikan catatannya berdasarkan tataran teori komunikasi yang menjadi kompetensinya. Paparan beliau dapat menjadi rujukan ilmiah dan akademik bagi pengembangan wawasan para angkasawan RRI. Prof. Muis pada masa itu merupakan satu-satunya pakar hukum komunikasi di Indonesia.

Baca juga :  Tingkatkan Keimanan Anggotanya, Polres Pelabuhan Makassar Laksanakan Binrohtal

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

13 Anggota Polri Mendapatkan Kenaikan Pangkat, Ini Daftarnya

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA - Sejumlah perwira tinggi (pati) Polri mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi. Berdasarkan surat telegram STR/722/IX/KEP/2022,...

Ketua DPD II Partai Golkar Makassar Serahkan Bantuan Korban Kebakaran di Rappocini

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Salah satu bentuk kepedulian kembali ditunjukkan Partai Golkar terhadap masyarakat, terutama bagi yang tertimpa musibah. Seperti...

Bupati Sidrap Hadiri Langsung Pengarahan Presiden Joko Widodo

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA -- Bupati Sidenreng Rappang (Sidrap), H. Dollah Mando hadir dan mendengarkan langsung pengarahan Presiden Joko Widodo...

Operasi Sikat 2022, Polres Pelabuhan Makassar Amankan 9 Pelaku Curas, Curat dan Judi Online

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Polres Pelabuhan Makassar mengungkap hasil Operasi Sikat 2022 melalui kegiatan Press Release di Mapolres tersebut...