spot_img

Pasca PN Makale Tolak Gugatan Pemprov Sulsel, Massa Gerakan Sangtorayan Bentrok Petugas

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKALE – Ribuan warga Toraja Utara bersama ormas dan masyarakat adat tergabung dalam “Gerakan Sangtorayan”, Rabu (14/09/2022) kemarim demo di Pengadilan Negeri (PN) Makale mengawal jalannya sidang putusan kasus Lapangan Gembira.

Hasil putusan PN Makale menolak seluruh gugatan Pemda Provinsi Sulsel atas dua obyek telah bersertifikat yakni SMA 2 Rantepao, dan lokasi perkantoran Kehutanan.

Humas PN Makale, Tana Toraja, Helka Rerung dalam keterangannya menyebutkan, putusan pengadilan sudah keluar, pihak pelawan Pemprov Sulsel ditolak dan telah disampaikan kepada kuasa hukum kedua belah pihak.

Lanjut Helka, persidangan sengketa lahan Lapangan Gembira Rantepao di Toraja Utara telah dimenangkan ahli waris H. Ali. “Mau menolak atau menerima silahkan melakukan upaya hukum,” ujar Helka Rerung.

Pasca putusan PN Makale, bentrokan pun tak terhindarkan, massa emosi dan beringas melempar petugas dengan batu. Sejumlah kaca depan PN Makale pecah dan fasilitas lainnya ikut dirusak.

Aparat membalas lemparan batu dengan siraman air dari mobil Water Canon yang disiapkan di teras PN Makale, dan tembakan gas air mata.

Demo sengketa lapangan Gembira di Pengadilan Negeri (PN) Makale, dengan tergugat H.Ali, sebelumnya menang di Mahkamah Agung (MA).

Bentrokan kembali terjadi sekitar pukul 15.30 Wita setelah massa silih berganti orasi dan menutup total jalan poros Makale-Rantepao.

Puluhan pendemo diketahui melakukan pelemparan kepada petugas ditangkap dan digelandang ke Polres Tana Toraja.

Ratusan aparat gabungan Polres Tana Toraja, Polres Toraja Utara, Brimob Parepare dan Polsek Makale melakukan pengamanan dipimpin Wakapolres Kompol Yulius L. Palayukan.

Baca juga :  Sempat Tertunda Akibat Covid-19, Ketua TP PKK Sinjai Harap Program PKK Dilanjutkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

PMKRI dan GMKI Gelar Seminar Kebangsaan Pasca Pemilu dan Pilkada Serentak

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Seminar Kebangsaaan yang diselenggarakan oleh PMKRI dan GMKI Makassar pada Sabtu 20 April 2024 digelar...

Sukses, Pesawat TNI AU Kirim Bantuan Logistik Untuk Warga Palestina, Termasuk Bantuan Enrekang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Bantuan logistik bagi warga Palestina terus mengalir, dan kali ini dengan metode yang cukup spektakuler,...

Ribuan Siswa SMP di Sinjai Akan Ikuti Ujian Sekolah Gunakan Chromebook

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Ribuan pelajar kelas IX tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Sinjai pada pekan depan...

PJ Bupati Enrekang Pantau Pemberian Vaksinasi Meningitis Kepada 196 CJH

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Sebanyak 196 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Enrekang menerima vaksinasi Meningitis kamis (18/04/2024). Pemberian vaksinasi...